Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Siap Hadapi Bencana di Jepang, Ini 9 Nomor Telepon dan Aplikasi Penting

Kompas.com - 19/Aug/2024, 19:32 WIB
Ilustrasi tanda peringatan tsunami. (KARAKSA MEDIA PARTNER)
Lihat Foto
Ilustrasi tanda peringatan tsunami. (KARAKSA MEDIA PARTNER)

Setelah gempa bumi yang terjadi di Prefektur Miyazaki pada 8 Agustus, Jepang mengeluarkan "Informasi Sementara Gempa Palung Nankai" hingga 15 Agustus 2024 untuk mengingatkan kita akan kemungkinan terjadinya gempa bumi berskala besar (megaquake).

Bagi mereka yang berada di Jepang, ini saatnya meninjau kembali kesiapsiagaan terhadap gempa bumi.

Meskipun informasi sementara telah dicabut, bukan berarti risiko bencana berskala besar seperti gempa bumi telah hilang.

Baca juga: Jepang Cabut Peringatan Gempa Besar, Imbau Masyarakat Tetap Waspada

Di negara-negara seperti Jepang dan Indonesia yang sering dilanda bencana, sangat penting untuk bersiap menghadapi bencana pada masa normal.

Kali ini, Ohayo Jepang akan mengenalkan apa yang perlu  diketahui dan di mana mencari informasi jika bencana terjadi di Jepang.

Pastikan kamu membiasakan diri dengan sumber informasi ini sekarang.

Apa yang harus  dilakukan pertama kali saat terjadi bencana tergantung pada jenis dan skala bencana serta lokasi tinggalmu.

Misalnya, pernahkah kamu berpikir tentang apa yang harus dilakukan jika terjadi gempa bumi besar saat kamu berada di Jepang?

Pertama dan paling penting, kamu perlu melindungi diri sendiri.

Jaga postur tubuh tetap rendah dan lindungi kepala dengan berlindung di bawah meja atau ke tempat yang tidak memungkinkan benda jatuh hingga guncangan berhenti.

Halaman:
Editor : YUHARRANI AISYAH

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads