Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Uchiage, Cara Orang Jepang Rayakan Perpisahan dan Pencapaian Bermakna

Kompas.com - 1/Aug/2024, 12:45 WIB
Ilustrasi perayaan ulang tahun di Jepang. (KARAKSA MEDIA PARTNER)
Lihat Foto
Ilustrasi perayaan ulang tahun di Jepang. (KARAKSA MEDIA PARTNER)

Ketika bel istirahat berbunyi di sekolah bahasa Jepang kami, suasana gembira memenuhi udara.

Inilah momen yang sangat berharga ketika teman sekelas berkumpul untuk berbagi cerita, berbagi tawa, dan terlibat dalam berbagai percakapan.

Merenungkan perkataan sensei kami baru-baru ini, kami pun menyadari bahwa minggu ini menandai akhir masa kelas kami, sebelum mulainya liburan yang telah lama ditunggu.

Beberapa teman bahkan menyebutkan bahwa ini mungkin perpisahan mereka dengan sekolah di Jepang.

Jadi, minggu depan, saya dan teman-teman berencana untuk mengadakan nomikai untuk merayakan ulang tahun seorang teman dan juga hari terakhir kami di sekolah.

Baca juga: Tradisi Minum-minum Selepas Bekerja di Jepang, Ini Pentingnya Ikut “Nomikai”

Setelah hari itu, sekolah bahasa kami akan libur panjang. Banyak teman sekelas saya akan kembali ke negara asal mereka dan tidak melanjutkan sekolah.

Kami menganggap momen ini sebagai kesempatan terakhir kami untuk bertemu sebagai teman sekelas.

Baru-baru ini, saya belajar tentang istilah Jepang "uchiage" dari mentor saya.

Seperti biasa, setiap minggu saya melakukan percakapan menarik dengan mentor saya.

Ketika saya berbicara kepada mereka tentang rencana ini, ia memberi saya wawasan menarik tentang istilah Jepang untuk acara semacam itu, yaitu uchiage.

Uchiage mengacu pada pertemuan untuk merayakan selesainya suatu usaha atau hal penting.

Sama seperti pertemuan kami mendatang untuk memperingati akhir tahun ajaran dan mengucapkan selamat tinggal kepada teman-teman yang akan pergi.

Dalam artikel ini, saya membahas mengapa konsep uchiage sangat berkesan bagi saya.

Sekaligus, bagaimana uchiage meningkatkan perayaan perpisahan kita dengan menekankan pentingnya menghargai pengalaman dan persahabatan bersama sebelum memulai perjalanan baru.

Ilustrasi nomikai yaitu pesta minum di Jepang; sering kali diselenggarakan di antara kolega, teman, atau kelompok sosial. (KARAKSA MEDIA PARTNER)
Ilustrasi nomikai yaitu pesta minum di Jepang; sering kali diselenggarakan di antara kolega, teman, atau kelompok sosial. (KARAKSA MEDIA PARTNER)

Percakapan dengan mentor saya tentang uchiage

Saya: "Minggu depan, saya dan teman-teman akan mengadakan nomikai. Kami ingin merayakan ulang tahun teman kami dan juga hari terakhir kami di sekolah.

Kami pikir ini akan menjadi momen yang sangat menyenangkan dan bermakna bagi kami semua."

Mentor: "Kedengarannya seperti rencana yang bagus! Di Jepang, ada istilah khusus untuk acara semacam itu. Kami menyebutnya uchiage."

Saya: "Uchiage? Apa artinya?"

Mentor: "Uchiage secara harfiah berarti 'meluncurkan' atau 'melepaskan.'

Namun, dalam konteks sosial, istilah ini digunakan untuk menggambarkan perayaan yang diadakan setelah menyelesaikan proyek besar atau tugas penting, seperti akhir masa sekolah atau proyek kerja.

Jadi, acara kamu untuk merayakan ulang tahun teman dan hari terakhir sekolah dapat disebut uchiage."

Saya: "Oh, itu sangat menarik! Jadi, uchiage adalah semacam perayaan setelah menyelesaikan sesuatu yang besar?"

Mentor: "Tepat sekali. Uchiage sering diadakan untuk merayakan pencapaian bersama, memperkuat ikatan di antara anggota kelompok, dan menghargai kerja keras yang telah dilakukan.

Ini adalah waktu untuk bersantai, berbagi kenangan, dan menikmati kebersamaan sebelum semua orang melanjutkan ke tahap berikutnya dalam hidup mereka.

Selain itu, ada juga istilah hanakin yang merujuk pada pesta perpisahan di lingkungan kerja, dan di kalangan anak muda.

Ada istilah 'hanakin' (花金) yang menandai akhir minggu, mirip dengan 'TGIF' (Thank God It's Friday) dalam bahasa Inggris."

Saya: "Terima kasih banyak! Sekarang saya punya istilah baru yang keren untuk digunakan saat menjelaskan rencana kami kepada teman-teman saya. Kami akan mengadakan uchiage minggu depan!"

Baca juga: Hanakin, Cara Orang Jepang Habiskan Jumat Malam Usai Kerja

Ilustrasi orang Jepang
Ilustrasi orang Jepang

Kesimpulan

Konsep "uchiage" membuat saya terpesona karena bukan sekadar perayaan, melainkan juga momen untuk memperkuat ikatan di antara kita yang telah melalui banyak hal bersama.

Ini adalah kesempatan untuk mengingat semua tantangan yang telah kita hadapi dan merayakan persahabatan yang telah kita jalin selama ini.

Selama acara "uchiage", kami berharap dapat menciptakan suasana yang hangat dan berkesan.

Ini bukan sekadar pesta, melainkan juga cara untuk menghargai perjalanan kami bersama.

Saya sangat menantikan momen ini bersama teman-teman saya, kami dapat mengenang dan merayakan perjalanan kita bersama.

Tradisi uchiage menawarkan cara yang indah untuk menutup satu babak dan mempersiapkan babak berikutnya.

Ini memungkinkan kita untuk merayakan pencapaian kita, memperkuat ikatan kita, dan menciptakan kenangan abadi sebelum berpisah.

Saat kita mempersiapkan uchiage, saya dipenuhi dengan rasa syukur atas pengalaman dan persahabatan bersama yang telah menentukan waktu kita bersama.

Perayaan ini bukan hanya tentang mengucapkan selamat tinggal, tetapi juga tentang menghormati perjalanan yang telah kita lalui bersama dan hubungan yang telah kita buat.

Baca juga: Kenapa Orang Jepang Suka Karaoke? Budaya Populer di Jepang dan Indonesia

Ulasan di atas disampaikan oleh OBULL, pekerja kantoran asal Indonesia yang tinggal di Tokyo. Ia penggemar seni yang punya quote favorit "creativity is intelligence having fun".

Konten disediakan oleh Karaksa Media Partner (Juli 2024)

Halaman:
Editor : YUHARRANI AISYAH

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads