Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tradisi Minum-minum Selepas Bekerja di Jepang, Ini Pentingnya Ikut “Nomikai”

Kompas.com - 31/May/2019, 18:39 WIB
Nomikai
Nomikai

OhayoJepang - Nomikai merupakan acara lazim yang sering diadakan orang Jepang, terutama di antara orang yang bekerja di satu kantor yang sama. Acara ini berupa makan malam yang dipadukan dengan minum-minum dan biasanya diadakan oleh perusahaan atau perorangan.

Acara nomikai biasanya diawali dengan kampai (bersulang dalam bahasa Jepang) yang menggunakan bir sebagai minuman pembukanya. Meskipun acara ini bisa dibilang acara minum-minum sambil makan malam, bukan berarti orang yang tidak bisa minum minuman beralkohol, tidak bisa ikut. Karena setiap orang bebas memesan minuman yang mereka suka, seperti soft-drinks bersoda ataupun teh.

Tujuan acara ini sendiri sebenarnya adalah untuk mempererat hubungan antara satu sama lain. Berikut beberapa alasan kenapa orang yang bekerja di perusahaan Jepang sebaiknya ikut dalam acara nomikai bila diundang oleh senior di perusahaan tersebut.

Menjalin Hubungan yang Lebih Akrab

Setiap orang Jepang akan menggunakan waktu kerjanya seefektif mungkin untuk menyelesaikan semua pekerjaannya di kantor. Ini mungkin salah satu alasan mengapa orang Jepang sering disebut sebagai “workaholics”.

Mereka jarang sekali berbicara mengenai diri mereka ataupun hal pribadi lainnya saat berada di kantor. Mereka hanya mengikuti etika kerja yang seharusnya. Bila Anda ingin mengenal lebih jauh teman kerja di kantor, nomikai merupakan acara yang tepat. Sebab pada kesempatan ini, Anda bisa berbicara tentang hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan dengan lebih bebas.

Salah satu anggota tim Ohayo Jepang merasa orang Jepang lebih santai dan terbuka dengan berbagai topik pembicaraan saat nomikai. Kadang akan ditemukan sisi lain dari orang tersebut. Orang yang biasanya tidak banyak bicara di kantor akan berubah menjadi orang yang banyak bicara dan menyenangkan. Selain itu, Anda mungkin akan menemukan orang yang memiliki hobi atau ketertarikan terhadap hal yang sama saat nomikai.

Oleh karena itu, pada acara ini selain bisa lebih mengerti teman kerja satu tim, kita mungkin juga bisa mendapatkan teman baru.

Memperluas Koneksi di Kantor

Dalam acara nomikai kantor, biasanya kita bisa bertemu dengan banyak orang. Kemungkinan besar teman kerja Anda akan mengundang orang dari divisi lain untuk ikut ke acara tersebut. Oleh karena itu, peserta nomikai bisa mendapatkan teman baru dan juga bisa memahami pekerjaan yang dilakukan oleh divisi lain.

Nantinya, bila kita membutuhkan bantuan dari divisi lain tersebut, akan lebih mudah meminta tolong karena ada kenalan dalam divisi tersebut.

Mencoba Makanan Baru

Biasanya izakaya (kedai minum Jepang) menjadi tempat diadakannya acara nomikai. Di tempat ini makanan yang disajikan berbeda dengan restoran biasanya, sehingga kita dapat mencoba makanan baru yang hanya bisa dimakan di sini.

Sebagai catatan, sebaiknya mengadakan nomikai pada hari kerja, karena di hari dekat dengan akhir pekan seperti hari Jumat, harga menu di restoran akan jadi lebih mahal.

Kemudian, jangan kaget bila pada keesokan hari setelah nomikai orang Jepang yang banyak bicara dan menyenangkan kembali menjadi serius dan tidak banyak bicara. Hal ini mungkin karena mereka kelelahan setelah terlalu banyak minum di nomikai.

Provided by Karaksa Media Partner (22 Mei 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR