Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Panduan Penampilan untuk Wawancara dengan Perusahaan Jepang

Kompas.com - 26/May/2024, 21:40 WIB
Young asian manager in blue suit asks a candidates profile during an interview. The atmosphere of job interview in the modern office.
Lihat Foto
Young asian manager in blue suit asks a candidates profile during an interview. The atmosphere of job interview in the modern office.

OhayoJepang - Kali pertama ikut wawancara dengan perusahaan Jepang, mungkin membuat kamu bingung harus menggunakan pakaian seperti apa. 

Berikut Ohayo Jepang beri panduan berpakaian untuk kamu yang akan mengikuti wawancara dengan perusahaan Jepang.

Wawancara adalah momen penting di mana kesan pertama sangat berpengaruh. Oleh karena itu, penampilan dan kerapian sangat penting untuk kesuksesan wawancara. 

Baca juga: 15 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan saat Wawancara Kerja di Jepang (Part1)

Bagi pria, mengenakan setelan jas, dan bagi wanita, mengenakan pakaian yang bersih dan cera yang memberikan kesan baik adalah dasar yang harus diikuti. 

Berikut ini adalah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan saat menghadapi wawancara di Jepang. 

Meskipun poin-poin ini lebih relevan bagi kandidat pekerja asli Jepang, namun untuk pekerja asing, panduan ini tetap bisa diikuti.

1. Perawatan rambut dan wajah

Pertama-tama, gaya rambut harus bersih dan rapi. Pastikan tidak ada rambut yang kusut, ketombe, atau kotoran.

Rambut tidak boleh menutupi mata dan harus diikat jika panjang. Periksa juga apakah aroma produk perawatan rambut tidak terlalu kuat dan apakah pewarnaan rambut terlihat natural. 

Baca juga: 15 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan saat Wawancara Kerja di Jepang (Part 2)

Bagi pria, pastikan janggut tidak tumbuh panjang, dan bagi wanita, pastikan riasan tidak terlalu tebal dan terlihat alami.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Editor : Dian Reinis Kumampung

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Most Popular