Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Mengapa Orang Jepang di Tokyo Lebih Senang Berjalan Kaki?

Kompas.com - 24/May/2024, 14:08 WIB
Tokyo.
Lihat Foto
Tokyo.

OhayoJepang - Tokyo, ibu kota Jepang yang ramai. Kota ini terkenal karena sistem transportasi umum yang efisien dan infrastruktur ramah pejalan kaki. 

Kegemaran warga Jepang berjalan kaki ini sangat kontras dengan gaya hidup di Indonesia, di mana aplikasi transportasi berbasis online membuat kita semakin enggan berjalan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Stanford, orang Indonesia merupakan salah satu orang yang berjalan paling lambat di dunia.

Baca juga: Jalan-jalan ke Istana Kekaisaran Tokyo, Sudah Ada Sejak Zaman Edo

Fenomena ini disebabkan oleh kemudahan yang diberikan oleh aplikasi transportasi online, seperti dilansir dari Jakarta Post.

Salah satu anggota kami yang berasal dari Indonesia, ketika pindah ke Jepang, terkejut dengan perbedaan mencolok dalam kecepatan berjalan antara orang Indonesia dan Jepang. 

Di Tokyo, berjalan kaki bukan hanya sebuah kebutuhan tetapi juga sebuah gaya hidup, yang sudah tertanam dalam budaya dan infrastruktur kota. 

Kita tentu bertanya-tanya, kenapa sih orang Jepang, terutama di Tokyo, sangat senang berjalan kaki? Berikut pemaparan yang berhasil dihimpun oleh Ohayo Jepang.

1.Kenyamanan transportasi umum

Shibuya
Shibuya

Sistem transportasi umum Tokyo adalah salah satu yang paling efisien di dunia. Jaringan kereta api dan kereta bawah tanah yang luas di kota ini menjadikannya sangat mudah untuk bepergian dari satu titik ke titik lain tanpa memerlukan mobil. 

Efisiensi ini begitu nyata sehingga aplikasi ride-hailing, yang baru saja disetujui untuk digunakan, ternyata tidak sepopuler yang diharapkan. 

Halaman:
Editor : Dian Reinis Kumampung

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.