Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Belajar Bahasa Gaul Jepang, Biar Semakin Mirip dengan Warga Lokal!

Kompas.com - 17/May/2024, 19:05 WIB
Ungkapan sederhana dalam bahasa Jepang
Lihat Foto
Ungkapan sederhana dalam bahasa Jepang

OhayoJepang - Untuk para penggemar budaya Jepang, belajar bahasa gaul dalam bahasa Jepang berikut ini akan sangat berguna untuk kamu, berikut ulasannya.

Bahasa bukan sekedar alat komunikasi tetapi juga pintu gerbang untuk memahami budaya dan detak jantung suatu masyarakat.

Di Jepang, di mana tradisi bertemu teknologi modern di setiap sudutnya, bahasanya dibumbui dengan bahasa gaul yang mencerminkan esensi kehidupan kontemporer. 

Baca juga: 9 Cara Berbeda untuk Bertanya “Apa Kabar?” dalam Bahasa Jepang

Sebagai orang asing, mencari tahu dunia bahasa gaul Jepang merupakan sebuah tantangan sekaligus pembelajaran yang menyenangkan.

Pada artikel ini, Ohayo Jepang akan mengungkapkan pengalaman salah satu anggota kami yang berasal dari Indonesia dalam mempelajari bahasa Jepang dalam kehidupan sehari-hari di Jepang.

Sedikit yang saya tahu bahwa kata-kata seperti “Terima Kasih” atau arigato gozaimasu dan “Selamat Pagi” atau ohayo gozaimasu akan diucapkan dengan cara yang berbeda di Jepang.

Berikut adalah beberapa kata yang kerap digunakan dalam komunikasi dengan warga lokal Jepang.

1. Singkat dan santai: seni menyingkat kata

  • あざっす (Azzas) - Ini adalah singkatan biasa dari ありがとうございます (Arigatou gozaimasu), yang artinya "terima kasih". Ini adalah cara yang mudah untuk mengungkapkan rasa terima kasih, sering kali digunakan di antara teman dan rekan kerja.
  • おつかれす (Otsukaresu) - Berasal dari おつかれさまです (otsukaresamadesu), frasa ini mengacu pada kerja keras seseorang. Ini biasanya dilakukan antar rekan kerja atau di lingkungan sekolah, menawarkan rasa persahabatan dan penghargaan.
  • おざます (Ozamasu) - Ini adalah versi singkat dari salam pagi おはようございます (ohayougozaimasu). Ini adalah cara yang tepat untuk mengucapkan selamat pagi, sering kali digunakan dalam percakapan santai dan bertempo cepat.

Baca juga: Aturan menyapa Atasan dan Teman kerja dalam Bahasa Jepang, Jangan Sampai Salah!

2. Mengekspresikan persetujuan dan terkejut

  • マジ (Maji?) - Kata slang ini digunakan untuk mengungkapkan ketidakpercayaan atau untuk mengkonfirmasi kebenaran suatu pernyataan. Ini diterjemahkan secara kasual menjadi "benarkah?" atau "serius?" dan merupakan alternatif yang lebih sehari-hari dari ほんとうですか (hontou desuka).
  • あーね (Aa-ne) – Versi santai dari あー、そうですね (aa, sou desu ne), yang berarti "Saya setuju" atau "itu benar." Ini digunakan dalam percakapan santai untuk menunjukkan persetujuan atau pengertian.
  • それな (Sorena) - Frasa ini adalah cara praktis untuk menyetujui pernyataan seseorang. Ini adalah versi yang lebih informal dan ringkas untuk menyatakan persetujuan, yang sering digunakan di kalangan anak muda.

3. Senangnya bisa menemukan hal baru

Halaman:
Editor : Dian Reinis Kumampung

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Most Popular