Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Intip Bangunan Sekolah Dasar Bersejarah di Jepang, Dibangun Sejak Tahun 1929 

Kompas.com - 10/May/2024, 16:33 WIB
Taimei Elementary School yang dibangun pada tahun 1929 terletak di Ginza, Jepang.
Lihat Foto
Taimei Elementary School yang dibangun pada tahun 1929 terletak di Ginza, Jepang.

OhayoJepang - Ginza yang terletak di pusat kota Tokyo, Jepang, terkenal dengan bangunan karya arsitektur ternama. Kota ini bahkan terkenal memiliki gedung-gedung cantik yang mutakhir, estetik dan ideal.  

Meski banyak bangunan terkenal dan landmark yang dicintai warga Jepang telah hilang akibat gempa besar Kanto (1923) dan serangan udara besar Tokyo (1945).

Belum lagi adanya pengembangan dan pembangunan ulang yang konstan setelah perang. Meski begitu, masih banyak bangunan di Ginza yang layak untuk dikagumi.

Karya-karya terkenal dari gerakan pimpinan arsitek terkenal seperti Kenzo Tange dan Kisho Kurokawa pada tahun 1960-1970 an, serta banyak bangunan yang dirancang oleh arsitek kontemporer terkenal dari dalam dan luar negeri sejak tahun 2000, semuanya membuat Ginza menjadi kota arsitektur yang diakui dunia.

Kali ini Ohayo Jepang akan memperkenalkan salah satu dari karya tersebut, yaitu Taimei Elementary School.

Baca juga : Sejarah Jalan Tanpa Trotoar di Ginza Jepang, Dibuat 100 Tahun yang Lalu

Berusia hampir 1 abad

Pintu masuk Taimei Elementary School.
Pintu masuk Taimei Elementary School.

Taimei Elementary School terletak di Ginza 5-chome, dan pembangunannya dimulai setelah Gempa Besar Kanto tahun 1923 dan selesai pada tahun 1929.

Gedung sekolah ini adalah salah satu dari banyak Sekolah Dasar Pemulihan yang dibangun di Tokyo setelah Gempa Besar Kanto. 

Sekolah Dasar Pemulihan adalah sekolah yang dibangun sebagai bagian dari proyek pemulihan pasca gempa besar Kanto. 

Berdasarkan pelajaran dari banyak bangunan yang runtuh karena gempa dan kebakaran, sekolah ini dibangun kembali dengan teknologi terdepan saat itu, yaitu beton bertulang.

Halaman:
Editor : Dian Reinis Kumampung

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.