Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Golden Week, Warga Jepang Liburan dan Gelar Beragam Festival

Kompas.com - 29/Apr/2024, 17:17 WIB
Kumpulan penonton pada liburan Golden Week 2019
Lihat Foto
Kumpulan penonton pada liburan Golden Week 2019

 

OhayoJepang - Sejak tanggal 29 April 2024 hingga 5 Mei 2024, Jepang merayakan Golden Week. Golden Week merupakan rangkaian 4 hari libur nasional yang berlangsung dalam kurun waktu 7 hari. Golden Week biasanya jatuh pada akhir April dan awal Mei setiap tahun.

Golden Week adalah salah satu periode liburan terpanjang dalam kalender Jepang, banyak penduduk setempat mengambil cuti kerja untuk menikmati hari libur panjang.

Kapan golden week 2024?

Golden Week 2024 dimulai pada tanggal 29 April dan berakhir pada tanggal 5 Mei. Berikut adalah tanggal-tanggal liburan Golden Week 2024 di Jepang. 

  1. 29 April Hari Showa (Showa no hi) 
  2. 29 April Festival tari geisha Atami Odori  
  3. 3 Mei Hari Konstitusi (Kenpo kinenbi) Festival musim semi (Haru No Fujiwara Matsuri) 
  4. 4 Mei Hari Penghijauan (Midori no hi) Festival Kastil Marugame 
  5. 5 Mei Hari Anak (Kodomo no hi) Festival pita ikan mas (Koinobori)  

Festival Golden Week dan maknanya

Selain hari libur, pada Golden Week di Jepang juga digelar berbagai festival. Berikut adalah festival yang digelar di sepanjang Golden Week.

Baca juga : Ketahui Ini Sebelum Ke Jepang, Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024

  1. Hari Showa, atau Showa no hi, pada tanggal 29 April adalah hari ulang tahun mendiang Kaisar Showa, atau Hirohito, yang memerintah Jepang selama Perang Dunia II.
  2. Pada tanggal 3 Mei, Hari Konstitusi, Kenpo kinenbi, dirayakan untuk menghormati ratifikasi konstitusi Jepang pada tahun 1947.
  3. Midori no hi, atau Hari Hijau, dirayakan pada tanggal 4 Mei. Hari ini menghormati lingkungan, karena Kaisar Showa adalah pecinta alam, bunga, dan tanaman. Pada suatu waktu, Hari Penghijauan dirayakan pada tanggal 29 April tetapi dipindahkan ke tanggal sekarang karena undang-undang yang mewajibkan satu hari di antara hari libur nasional untuk dinyatakan sebagai hari libur juga.
  4. Pada tanggal 5 Mei, Kodomo no hi, atau Hari Anak (juga disebut Tango no Sekku, atau Festival Anak Laki-Laki), adalah festival untuk merayakan para remaja putra. Keluarga Jepang sering kali menggantungkan pita ikan mas di luar ruangan untuk mewakili kehadiran remaja putra di dalam dan mendoakan mereka kekuatan dan kesuksesan dalam hidup.
  5. Perayaan hari anak di bawah Menara Tokyo. Pada Hari Anak, keluarga mengibarkan bendera berbentuk ikan mas sebagai simbol keberuntungan. 

Baca juga : 6 Fakta Gunung Fuji, Jadi Situs Warisan Dunia Sampai Pernah Meletus

Untuk kamu yang ingin pergi ke Jepang, ada baiknya kamu cari tahu tentang informasi hari libur panjang atau Golden Week ini. 

Pasalnya, pada hari libur ini warga Jepang akan pergi berlibur dan membuat tiket kereta atau pesawat menjadi lebih banyak peminat dari biasanya.

Sumber:  Jrailpass

Editor : Dian Reinis Kumampung

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.