Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tokutei Gino Turut Mendukung "SDM Global" sebagai Rekan Penting Perusahaan

Kompas.com - 6/Jan/2024, 08:11 WIB
Seminar dalam Building Maintenance Humain Fair & Clean EXPO 2023
Lihat Foto
Seminar dalam Building Maintenance Humain Fair & Clean EXPO 2023

OhayoJepang - Tertarik mengikuti Tokutei Gino? Yuk kenalan sama salah satu perusahaan Jepang yang sudah mempekerjakan 100 tenaga kerja asing dengan Tokutei Gino.

Dalam seminar di acara "Building Maintenance Human Fair & Clean EXPO 2023" yang diadakan oleh Japan Building Maintenance Association, organisasi penyelenggara ujian praktik di Bidang Pembersihan Gedung, dan Japan Management Association di Tokyo pada 15 hingga 17 November, XYMAX SALA Corporation, yang pernah merekrut  total sekitar 100 orang Indonesia, mengungkapkan upayanya untuk turut mempekerjakan tenaga kerja asing dalam Tokutei Gino.

Lalu, XYMAX SALA Corporation itu perusahaan seperti apa? Bagaimana mereka menerima tenaga kerja Indonesia? Berikut profilnya:

Perekrutan tenaga kerja Indonesia dengan Tokutei Gino
XYMAX SALA Corporation terus mempekerjakan tenaga kerja Indonesia dalam beberapa tahun terakhir (merekrut sekitar 50 orang secara langsung pada tahun fiskal 2023) dan memiliki sistem untuk menerima tenaga kerja dengan status kependudukan Tokutei Gino. 

Mereka mendukung pekerja asing dengan Tokutei Gino sebagai "SDM Global" dan ingin mewujudkan tenaga kerja yang memiliki etos kerja yang tinggi, dapat dipercaya dan memiliki karakter yang baik. 

XYMAX SALA menambahkan bahwa, pihaknya selalu menghargai tenaga kerja asing bukan hanya sebagai tenaga kerja, tapi juga sebagai rekan kerja yang mendukung bisnis yang bergerak di bidang pembersihan.

Baca juga : Pola Kerja dan Pekerjaan Sehari-hari Tokutei Gino, Apa Saja?

Sistem yang mendukung SDM Global
Ketika XYMAX SALA menerima 20 pemagang Gino Jisshu untuk pertama kalinya pada Februari 2019 lalu, mereka mengalami kesulitan dengan membangung sistem dukungan.

Tetap kini mereka mendukung 100 orang dengan enam staff asal Indonesia. Misalnya, mereka melakukan dukungan berikut dan berusaha untuk membuat pekerja asing mudah bekerja dan dapat hidup yang layak.

  1. Aspek kehidupan:
    ・ Prosedur administratif terkait Imigrasi, pembukaan rekening, konsultasi sehari-hari, berbagai jenis bimbingan, dll.
    ・ Dukungan untuk hidup bersama di asrama yang dimiliki oleh perusahaan
    ・ Mengadakan acara seperti pertemuan sosial untuk mendorong persahabatan dan interaksi

  2. Aspek Pekerjaan:
    ・ Penyesuaian shift, manajemen absen
    ・ Pembuatan buku gajian dan sebagainya yang harus diserahkan ke imigrasi dan lembaga (penerjemahan dokumen jika perlu)
    ・ Pendidikan bahasa Jepang

Halaman:
Editor : Dian Reinis Kumampung

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.