Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Dua Cara Berbeda untuk Mengucapkan Selamat Tahun Baru di Jepang

Kompas.com - 31/Dec/2023, 16:00 WIB
Ilustrasi.
Lihat Foto
Ilustrasi.

OhayoJepang - Hi, saya Nihongo Ojisan, dan di seri ini saya bercerita tentang pengalaman saya belajar bahasa Jepang di Jepang. 

Sudah hampir waktunya menyambut tahun baru, dan dalam pelajaran ini, kita akan membahas tentang tentang ucapan selamat tahun baru di Jepang.

Tahukah kamu bahwa di Jepang, ada dua jenis ucapan tahun baru? Di negara asal saya, kami hanya memiliki satu ucapan, yaitu "Selamat Tahun Baru!" Namun di Jepang, ucapan selamat tahun baru sedikit berbeda. Ada dua cara untuk memberi salam di Jepang, yang bisa dibagi menjadi ucapan di akhir tahun dan ucapan di awal tahun baru.

Baca juga: Seri Nihongo Ojisan: Kesalahan dalam Berbahasa Jepang: Ini Keadaan Darurat! Bawa Saya ke Salon!?

Di akhir tahun:
Kita saling memberi salam dengan「良いお年を」atau “yoi otoshi wo”. Ini adalah bentuk singkat dari「よいお年をお迎えください」atau “yoi otoshi wo omukae kudasai”, yang berarti “semoga kamu memiliki tahun baru yang baik!”

Di awal tahun:
Kita biasa memberi salam dengan「あけましておめでとうございます」atau “akemashite omedetou gozaimasu”. Kadang-kadang ucapan ini disingkat menjadi「あけおめ」atau “akeome”, sebuah ucapan selamat tahun baru yang santai antara teman. Namun, jangan pernah menggunakannya pada atasan (bos) atau senior kamu di kantor!

Meski mungkin terdengar membingungkan, kamu akan terbiasa setelah beberapa kali mencoba. Jadi, tergantung kapan kamu membaca ini, “yoi otoshi wo!” Atau “akemashite omedetou gozaimasu!”

Selamat tahun baru semuanya! Sampai jumpa di pelajaran selanjutnya. 

Baca juga: Seri Nihongo Ojisan: Cara Menolak Sesuatu Menggunakan Kata Daijoubu

 

Provided by Karaksa Media Partner (26 Desember 2023)

Editor : Redaksi Ohayo Jepang

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.