Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Seri Nihongo Ojisan: Cara Menolak Sesuatu Menggunakan Kata Daijoubu

Kompas.com - 15/Dec/2023, 13:15 WIB
Ilustrasi.
Lihat Foto
Ilustrasi.

OhayoJepang - Hi, saya Nihongo Ojisan, dan di seri ini saya bercerita tentang pengalaman saya belajar Bahasa Jepang di Jepang.

Di artikel sebelumnya, kita membahas tentang bagaimana mengatakan "tidak" ketika menolak sesuatu. Kita belajar bahwa menolak penawaran menggunakan iie ternyata kurang tepat.

Saya memperkenalkan istilah Daijoubu desu (大丈夫です) sebagai cara untuk menolak, yang digunakan oleh banyak orang Jepang. Namun, hal ini dapat menyebabkan kebingungan. Bukan hanya orang asing, bahkan orang Jepang pun bingung. Saya akan berbicara tentang pengalaman saya dengan Daijoubu desu.

Baca juga: Seri Nihongo Ojisan: Otsukaresama Desu

Daijoubu (大丈夫) : oke, baik-baik saja, aman, aman, baik-baik saja
Kata itu sendiri dapat digunakan dalam banyak situasi. Hari ini, kita berbicara tentang penggunaannya ketika menolak.

Menggunakan kata Daijoubu (大丈夫) seperti mengatakan, tidak apa-apa. Dalam bahasa Inggris atau Indonesia, "it's okay" atau "tidak apa apa" juga digunakan saat menolak sesuatu. Namun hal itu terkadang bisa membuat ambigu, sehingga kamu ingin mengkonfirmasi, apakah yang dimaksud itu ya? Atau tidak?

Tidak apa-apa menggunakan kata daijoubu desu untuk menolak. Terutama dalam konteks Jepang di mana orang cenderung mengutamakan orang lain, yang berarti mereka akan menghindari menyakiti perasaan satu sama lain. Namun, baru-baru ini, beberapa orang Jepang memilih langsung menolak sesuatu.

Seperti yang dibahas di artikel sebelumnya, Iranai desu(いらないです), atau saya tidak perlu, dapat digunakan tanpa bersikap kasar. Ini mengurangi ambiguitas dan menyampaikan pesan yang jelas. Jika itu membantu, katakan dengan disposisi positif, dan itu akan semakin diterima dengan lebih baik.

Baca juga: Seri Nihongo no Ojisan: Gokurosamadesu

Ketika menolak, sulit untuk menghapus nada negatif, tetapi mudah-mudahan ini akan membantu Anda memutuskan kata apa yang akan digunakan.

Ganbatte! Sampai jumpa seri berikutnya.

Editor : Redaksi Ohayo Jepang

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.