Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tradisi Natal yang Hanya Ada di Jepang

Kompas.com - 23/Dec/2023, 10:15 WIB
Ilustrasi. Tradisi Natal yang Hanya Ada di Jepang
Lihat Foto
Ilustrasi. Tradisi Natal yang Hanya Ada di Jepang

OhayoJepang - Apakah kamu tahu bahwa Jepang katanya memiliki cara yang unik dalam merayakan Natal? Di Jepang, Natal dianggap sebagai event yang menyenangkan seperti Halloween dan Valentine, bukan perayaan keagamaan. Mari kita cek bagaimana tradisi Natal di Jepang.

Seluruh kota diwarnai oleh Natal
Pusat perbelanjaan berlomba-lomba menghias toko dengan ornamen Natal, menjual produk bertema Natal, dan memberikan diskon. 

Ketika malam tiba, pohon-pohon di jalan dihiasi dengan lampu hias berwarna-warni, menerangi langit malam yang dingin. Acara iluminasi juga diadakan di berbagai tempat seperti Roppongi dan Shibuya. 

Baca juga: Tradisi Bekerja di Jepang: Apa Itu Tradisi Bonenkai dan Shinnenkai?

Momen bersama kekasih
Natal lebih dianggap sebagai momen bersama pasangan atau teman, bukan keluarga. Mereka biasanya makan malam romantis dan saling bertukar hadiah. Jadi, tidak heran banyak pasangan muda berkencan di hari Natal. Waktu keluarga biasanya di tahun baru.

Christmas Eve atau malam Natal adalah puncak perayaan, dan banyak orang menggunakannya untuk mengungkapkan perasaan atau melamar.

Wajib makan ayam goreng KFC dan kue strawberry shortcake
Natal di Jepang biasanya dirayakan dengan makan ayam goreng KFC dan kue strawberry shortcake. Ayam goreng KFC menjadi populer sejak tahun 1974, sementara kue strawberry shortcake menjadi favorit sejak 1922. 

Saking populernya, orang Jepang biasanya akan memesan makanan ini lebih awal atau harus antri berjam-jam.

Jadi, jika kamu berkesempatan berada di Jepang saat Natal, pastikan untuk merasakan tradisi unik ini. Selamat Natal semua!

Baca juga: Spot Menarik di Imabari: Kirosan Tenbo Koen dan Taman Bunga Mawar Yoshiumi

 

Provided by Karaksa Media Partner (Desember 2023)

Editor : Redaksi Ohayo Jepang

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.