Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Lucu, Hewan Peliharaan di Jepang juga Merayakan Shichi-Go-San

Kompas.com - 25/Nov/2023, 11:35 WIB
Tak hanya manusia, hewan peliharaan juga ikut merayakan Shichi-Go-San.
Lihat Foto
Tak hanya manusia, hewan peliharaan juga ikut merayakan Shichi-Go-San.

OhayoJepang - Setiap tanggal 15 November, di Jepang ada festival tradisional yang disebut Shichi-Go-San. Festival ini dirayakan untuk merayakan pertumbuhan dan kesehatan anak-anak.

Tapi, belakangan ini, bukan hanya manusia, tapi juga hewan peliharaan yang pertumbuhannya dirayakan. Lucu, kan?

Baca juga: Keunikan Festival Shichi-go-san di Jepang

'Shichi-Go-San hewan peliharaan' atau “Petto no Shichi-Go-San” ini sebenarnya bukan bagian dari tradisi asli.

Dengan boomingnya hewan peliharaan belakangan ini, penyebaran media sosial, perubahan struktur keluarga karena penuaan populasi dan penurunan jumlah anak, semakin banyak orang yang melihat hewan peliharaan sebagai anggota keluarga, dan tradisi ini pun lahir.

Pada hari Shichi-Go-San, hewan peliharaan yang berusia 3, 5, dan 7 tahun, sama seperti anak-anak, dibawa ke kuil dengan pakaian formal dan menerima pembersihan rohani.

Di beberapa kuil, alih-alih memberikan permen seribu tahun yang biasanya diberikan kepada anak-anak, mereka memberikan makanan anjing kepada hewan peliharaan. Namun, tidak semua kuil memberikan layanan tersebut atau bahkan tidak memperbolehkan hewan peliharaan masuk.

Baca juga: Perayaan di Akhir November: Hari Pasangan yang Baik dan Hari Penghargaan Kerja

Jika kuilnya besar, kemungkinan besar bisa masuk dan berdoa bersama hewan peliharaan. Jadi, jika mengunjungi Jepang pada hari Shichi-Go-San, kamu mungkin bisa melihat tren unik ini di kuil.

Provided by Karaksa Media Partner (21 November 2023)

Editor : Redaksi Ohayo Jepang

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.