Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Seri Nihongo Ojisan: Otsukaresama Desu

Kompas.com - 24/Nov/2023, 18:45 WIB
Ilustrasi. Penggunaan sapaan ohayo gozaimasu.
Lihat Foto
Ilustrasi. Penggunaan sapaan ohayo gozaimasu.

 

OhayoJepang - Hai, saya Nihongo Ojisan, dan dalam seri ini saya menceritakan kisah pengalaman saya belajar bahasa Jepang di Jepang.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang salam seperti konnichiwa dan konbanwa.

Baca juga: Seri Nihongo Ojisan: Cara Menggunakan Sapaan Konnichiwa

Sebagai kelanjutan dari tema salam, saya akan memperkenalkan otsukaresama desu 「お疲れ様です」. Setiap kali diminta untuk menerjemahkan salam ini ke dalam Bahasa Inggris, saya mengalami kesulitan karena ini adalah konsep yang sudah tertanam dalam budaya Jepang, dan saya yakin tidak ada terjemahan langsung dalam bahasa Inggris.

Mari kita bahas satu per satu: Apa yang dimaksud dengan sapaan ini, dan kapan sapaan tersebut digunakan? Jika karakter-karakter tersebut dipecah, maka maksudnya adalah sebagai berikut:

Otsukare・お疲れ : capek, kelelahan

Sama・様 : sepertinya, kelihatannya

Jika diterjemahkan apa adanya, artinya: "Kamu terlihat lelah". Akan terdengar lucu jika membayangkan orang-orang di kantor saling menyapa, “Kamu terlihat lelah!” Untungnya, menyatukan dua karakter Kanji ini bisa menciptakan perbedaan dari terjemahan literal.

Otsukaresama desu sering digunakan untuk menyapa rekan kantor atau rekan kerja di penghujung hari atas pekerjaan yang diselesaikan dengan baik. Ini juga merupakan cara untuk menunjukkan penghargaan atas segala upaya yang dilakukan dalam pekerjaan atau aktivitas tertentu. Ini benar-benar menunjukkan bagaimana orang Jepang menghargai upaya satu sama lain.

Kapan digunakan? Kata sapaan ini dapat digunakan dalam berbagai situasi. Setelah bekerja, setelah mengerjakan proyek besar, setelah presentasi atau pidato, setelah kegiatan olahraga, setelah potong rambut… dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Seri Nihongo Ojisan: Penggunaan Sapaan Ohayo Gozaimasu, selain untuk Ucapan Selamat Pagi

Kata sapaan ini telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, sehingga ketika kamu terbiasa menggunakannya, kamu akan merasa sangat nyaman, hingga dapat digunakan di hampir semua situasi, seperti yang dirangkum dalam video ini:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ohayo Jepang (@ohayo_jepang)

 

Provided by Karaksa Media Partner (20 November 2023)

Editor : Redaksi Ohayo Jepang

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.