Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tokutei Gino No.1: Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal

Kompas.com - 22/Nov/2023, 18:50 WIB
Ilustrasi. Tokutei Gino: Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal
Lihat Foto
Ilustrasi. Tokutei Gino: Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal

OhayoJepang - Bidang Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal adalah salah satu bidang dalam sistem Tokutei Gino No.1 yang diperkenalkan oleh pemerintah Jepang pada tahun 2019. Sistem ini bertujuan untuk menerima pekerja asing yang dapat langsung berkontribusi dalam pekerjaan yang memanfaatkan keahlian dan keterampilan mereka di bidang industri pembuatan kapal dan mesin kapal, sebagai solusi terhadap kekurangan tenaga kerja yang semakin parah di bidang ini.

Target
Target dari Bidang Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal di dalam Tokutei GIno No.1 ini adalah pekerja asing yang memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait dengan industri tersebut. Pemerintah Jepang menargetkan untuk menerima maksimal 11.000 pekerja asing hingga Maret 2024 dalam kurun waktu lima tahun.

Syarat
- Lulus ujian keterampilan yang diperlukan
Ujian keterampilan terdiri dari ujian praktik dan ujian teori.
Ujian Praktik: Ujian untuk setiap jenis pekerjaan
Ujian Teori: Ujian berbasis kertas untuk setiap jenis pekerjaan
- Lulus JFT-Basic atau memiliki kemampuan bahasa Jepang JLPT level N4 atau lebih tinggi

Baca juga: Tokutei Gino: Konstruksi (Tokutei Gino No.1)

Jenis Pekerjaan
Ujian mencakup enam jenis pekerjaan berikut.
(1) Pengelasan
(2) Penyemprotan
(3) Pengerjaan besi
(4) Penyelesaian
(5) Pengerjaan mesin
(6) Perakitan peralatan listrik

Orang yang telah menyelesaikan Pelatihan Keterampilan No.2 dengan baik akan dibebaskan dari ujian Keterampilan Khusus No.1.

Tingkat Kesulitan
Ujian ini membutuhkan pengetahuan dan keterampilan teknis, sehingga tingkat kesulitannya tinggi. Para peserta ujian harus mampu memahami instruksi dari pengawas dan melaksanakan tugas dengan tepat, dan perlu melakukan pekerjaan berdasarkan pertimbangan mereka sendiri. Untuk dapat memahami instruksi dari pengawas dan membuat pertimbangan mereka sendiri, kemampuan bahasa Jepang juga diperlukan.

Basis produksi terkait Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal tersebar di seluruh Jepang, dan sebagian besarnya berada di daerah pedesaan. Khususnya di daerah Setouchi dan daerah Kyushu, Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal adalah industri utama. Oleh karena itu, pekerja asing dengan pengetahuan dan keterampilan terkait industri tersebut sangat dibutuhkan, dan banyak peluang kerja tersedia.
Dengan demikian, sistem ini adalah sistem yang menarik yang menawarkan peluang kerja di Jepang bagi pekerja asing.

Sumber:
Badan​ Pelayanan Imigrasi Jepang
("Kebijakan tentang Pengoperasian Sistem terkait Tokutei Ginou di Bidang Perawatan," https://www.moj.go.jp/isa/content/930005131.pdf)
("Upaya untuk Menerima Tenaga Kerja Asing dan Mewujudkan Masyarakat yang Hidup Bersama," https://www.moj.go.jp/isa/content/001335263.pdf)
Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism (https://www.mlit.go.jp/common/001499665.pdf)

 

Provided by Karaksa Media Partner (20 November, 2023)

Editor : Redaksi Ohayo Jepang

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.