Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Simak, Begini Cara Pemerintah Jepang Memfasilitasi Ibu Hamil

Kompas.com - 27/Jun/2023, 16:00 WIB
Ilustrasi perempuan hamil di Jepang.
Lihat Foto
Ilustrasi perempuan hamil di Jepang.

OhayoJepang - Jika kamu sedang hamil dan tinggal di Jepang, tentunya kamu ingin tahu berapa biaya melahirkan di Negeri Sakura itu.

Apakah mahal atau tidak, dan dukungan apa yang didapat orang asing yang hamil dan melahirkan di Jepang? 

Dilansir dari JW Magazine, terlepas dari kewarganegaraanmu, setiap perempuan hamil menerima dukungan yang berbeda dari Pemerintah Jepang untuk tunjangan kehamilan dan anak. 

Baca juga: Tak Perlu Panik, Ikuti Langkah Ini Jika Ponselmu Hilang di Jepang 

Jika kamu hamil, hal pertama yang kamu lakukan adalah pergi ke OB/GYNE dan melakukan pemeriksaan. Jika kehamilan dikonfirmasi, pergilah ke pemerintah kota dan bawalah kertas konfirmasi dan serahkan.

Setelah kamu terdaftar, nantinya kamu akan menerima sekantong barang kehamilan. Tapi, dukungan yang tersedia untuk setiap wanita hamil tergantung di mana kamu tinggal.

Beberapa daerah menawarkan dukungan keuangan yang tidak tersedia di daerah lain. Akan lebih baik jika kamu mencari lebih banyak tentang daerah tempat tinggalmu.

Barang terkait kehamilan dan dukungan yang akan kamu dapat dari pemerintah kota, antara lain:

• Buku ibu dan anak berjudul “boshi-techo” (母子手帳) – buku catatan kecil untuk mencatat kehamilan dan kesehatan anak.

• Maternity Badges – gantungan kunci bundar yang dapat kamu pasang di tas sehingga semua orang akan mengetahui bahwa kamu sedang hamil.

Baca juga: Jangan Kaget, Ketahui 5 Hal Ini sebelum Tinggal di Jepang

• Pemeriksaan Kesehatan Pralahir – Semua ibu hamil (apapun kewarganegaraannya) memenuhi syarat untuk menerima “Kupon Diskon Bersalin”.

Halaman:
Editor : Dinia Adrianjara

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.