Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Wajib Tahu, Begini ​​Sistem Unik Apotek di Jepang

Kompas.com - 18/Jun/2023, 15:52 WIB
Mengenal sistem unik apotek di Jepang.
Lihat Foto
Mengenal sistem unik apotek di Jepang.

OhayoJepang- Semua orang tentu tidak ingin sakit, terlebih saat liburan. Namun, jika itu terjadi, tentunya akan mengganggu perjalanan kita.

Sakit di negara sendiri saja sudah menyusahkan, apalagi sakit di luar negeri dengan kendala bahasa. Bagi sebagian besar orang asing, sakit di Jepang serta pergi ke klinik atau rumah sakit untuk pertama kalinya, menjadi pengalaman yang cukup unik dan tak terlup​​akan.

Mengapa? Karena sistem apotek di Jepang yang berbeda dari negara lain, termasuk Indonesia. Bagaimana caranya memesan obat di apotek? Baca artikel ini sampai habis ya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Airbnb di Jepang, Mulai dari Kyoto hingga Okinawa

Resep Dokter 

Jika kamu sudah pergi ke klinik dan berkonsultasi ke dokter, biasanya dokter akan memberikan resep obat jika diperlukan.

Saat kamu akan diberi resep obat, resepsionis klinik akan memberimu resep (shohousen, 処方せん) saat kamu membayar biaya konsultasi. Setelah itu, kamu bisa menebus resepnya di apotek terdekat.

Pergi ke Apotek

Sebagian besar klinik di Jepang biasanya memiliki apotek yang berafiliasi di dekatnya, entah itu di gedung sebelah, di gedung yang sama, atau di lingkungan sekitar.

Seperti membeli obat di apotek Indonesia, kamu bisa datang ke resepsionis dan menyerahkan resep dari klinik. Atau jika kamu sudah memiliki buku catatan obat (kusuri-techou, 薬手帳), kamu bisa tinggal menyampaikannya ke resepsionis apotek.

Baca juga: 5 Beasiswa untuk Pelajar Internasional Paling Dicari di Jepang

Tapi, perlu diingat, jika ini adalah kunjungan pertama, kamu juga akan diminta untuk menunjukkan kartu asuransi kesehatan.

Halaman:
Editor : Dinia Adrianjara

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.