Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

5 Beasiswa untuk Pelajar Internasional Paling Dicari di Jepang

Kompas.com - 10/Jun/2023, 15:53 WIB
Beasiswa untuk melanjutkan sekolah di Jepang.
Lihat Foto
Beasiswa untuk melanjutkan sekolah di Jepang.

OhayoJepang - Buat kamu pemburu beasiswa, ada kabar gembira nih. Di Jepang, sejumlah beasiswa tersedia untuk para pelajar internasional. 
 
Tak perlu diragukan lagi, Jepang memiliki berbagai universitas terkemuka dunia, yang tidak kalah dari perguruan tinggi lain di dunia.
 
Tersedia lebih dari 500 beasiswa di universitas terkemuka Jepang untuk siswa internasional di tahun akademik 2023-2024.
 
Beasiswa ini memberikan tunjungan bulanan rata-rata USD2000 (setara Rp29,7 juta) bersama dengan biaya kuliah, biaya akomodasi, asuransi kesehatan dan tunjangan perjalanan. 
 
Kamu bisa mengajukan permohonan beasiswa yang didanai penuh, serta wujudkan impianmu belajar di universitas terkemuka dunia, seperti Universitas Ritsumeikan Asia Pasifik, Yayasan Beasiswa Internasional Honjo, Institut Genetika Nasional, dan banyak lagi. 
 
 
Berikut ini lima beasiswa terkemuka Jepang, yang sayang dilewatkan oleh pelajar internasional. Yuk daftar! 
 
1. Beasiswa MEXT 
 
MEXT adalah beasiswa yang didanai penuh untuk pelajar internasional. Beasiswa ini tersedia untuk studi sarjana, master, PhD dan pelatihan. 
 
Beasiswa MEXT akan mencakup biaya sekolah, akomodasi, tunjangan hidup bulanan, dan biaya perjalanan pulang pergi dari negaramu ke Jepang. Beasiswa ini didanai pemerintah loh.
 
Kamu bisa bersaing dengan cukup banyak orang untuk mendapatkan beasiswa ini. Good luck! 
 
 
2. Honjo International Scholarship Foundation 
 
Honjo International Scholarship Foundation juga menawarkan beasiswa yang didanai penuh untuk pelajar internasional. Beasiswa ini ditawarkan untuk master dan PhD.  
 
Beasiswa Honjo memberikan tunjangan bulanan, biaya akomodasi dan biaya perjalanan untuk menghadiri konferensi internasional. 
 
Beasiswa Honjo didirikan untuk memberikan bantuan pendidikan kepada siswa cerdas yang mau belajar dalam kondisi yang berbeda di negara berkembang, serta kepada siswa Jepang yang belajar di luar negeri. 
 
Pemberian beasiswa ini untuk membantu mereka mempelajari teknologi canggih. Tak hanya itu, tujuan lainnya untuk meningkatkan kemampuan mereka sebagai jembatan yang menghubungkan Jepang dengan seluruh dunia. 
 
3. NIG Postdoctoral Fellowship 
 
Beasiswa ini juga didanai penuh untuk mahasiswa internasional yang ingin riset setelah menempuh pendidikan S3 atau doktoral. Masa belajarnya hingga tiga tahun dari tanggal awal perekrutan dengan pengangkatan kembali secara tahunan.  
 
Beasiswa ini akan memberikan kira-kira gaji tahunan sebesar 4.100.000 JPY (setara Rp437,7 juta) yang sudah termasuk pajak akan dibayarkan, asuransi kesehatan bersama masyarakat, tunjangan perjalanan (bersyarat), dan asuransi kompensasi. 
 
 
National Institute of Genetics (NIG) mempekerjakan peneliti muda yang menjanjikan sebagai rekan penelitian pascadoktoral NIG. Mereka dilibatkan dalam kegiatan penelitian di institut untuk waktu terbatas, yang bertujuan untuk pengembangan penelitian lebih lanjut di NIG dan membina para peneliti dengan kemampuan penelitian yang unggul. 
 
NIG didirikan oleh Kementerian Pendidikan Jepang pada 1949 untuk studi teori dan penelitian dasar genetika terpadu dan terapan, serta instruksi dan promosinya.
 
4. MEXT Scholarship University Recommendation 
 
MEXT Scholarship University Recommendation terbuka untuk siswa internasional di Ritsumeikan Asia Pacific University (APU), Jepang. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa internasional berprestasi yang direkomendasikan oleh APU. 
 
Beasiswa ini tersedia untuk master dan PhD. Beasiswa Rekomendasi Universitas MEXT akan mencakup 100% biaya kuliah, 144.000 JPY (sekitar Rp15,3 juta) per bulan untuk biaya hidup dan perjalanan udara kelas ekonomi. 
 
 
5. Joint Japan World Bank Graduate Scholarship Program 
 
Joint Japan World Bank Graduate Scholarship Program adalah beasiswa master yang didanai penuh untuk siswa internasional. Beasiswa JJ/WBGSP akan mencakup biaya kuliah penuh, akomodasi, perjalanan udara kelas ekonomi, dan biaya hidup bulanan. 
 
JJWBGSP terbuka untuk perempuan dan laki-laki dari negara berkembang dengan pengalaman profesional yang relevan. Peraih beasiswa harus memiliki kontribusi terhadap upaya pembangunan negara mereka, dalam topik terkait pembangunan. 
 
JJWBGSP menawarkan beasiswa untuk 26 program yang ada di universitas di AS, Eropa, Afrika, Oseania, dan Jepang dalam bidang pembangunan utama, termasuk manajemen kebijakan ekonomi, kebijakan pajak, dan manajemen infrastruktur.  
 
Kamu tidak memenuhi syarat untuk Beasiswa JJWBGSP, jika tidak diterima di salah satu program ini. Nah, pelajar dari negara berkembang yang diterima beasiswa ini, harus berkomitmen kembali ke negara asalnya. Tujuannya untuk menggunakan kemampuan segar mereka dan menambah pembangunan budaya dan ekonomi negara mereka setelah lulus. 
 
 
Itu dia lima beasiswa yang paling dicari pelajar internasional di Jepang. Selamat mencoba, Ganbatte!
 
 
Editor : Dinia Adrianjara

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.