Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Praktis dan Menyenangkan, Jalan-jalan Santai dengan Bersepeda di Jepang

Kompas.com - 26/Mar/2023, 12:15 WIB
Ilustrasi. Menyewa sepeda di Jepang.
Lihat Foto
Ilustrasi. Menyewa sepeda di Jepang.

OhayoJepang - Sepeda banyak digunakan oleh masyarakat di Jepang oleh berbagai macam kelompok umur maupun status sosial.

Wisatawan juga bisa menyewa sepeda yang tersedia di banyak tujuan wisata, sebagai pilihan menyenangkan untuk berkeliling kota.

Ada beberapa jenis sepeda yang umum digunakan di Jepang. Salah satunya adalah sepeda sederhana yang digunakan sehari-hari yaitu 'mamachari' atau 'sepeda ibu.

Mamachari biasanya dilengkapi dengan keranjang atau kursi anak dan kunci sederhana. Ada juga model sepeda yang lebih inovatif dengan lebih banyak roda gigi dan sepeda listrik.

Baca juga: Simak Peraturan Bersepeda di Jepang

Sepeda Sewaan

Sepeda sewaan mudah ditemukan di destinasi wisata. Menyewa sepeda bisa menjadi cara yang murah dan nyaman untuk berkeliling di satu kota, apalagi jika jarak objek wisata yang satu dan lainnya sedikit jauh ditempuh dengan berjalan kaki.

Mayoritas sepeda yang disewakan adalah sepeda berjenis mamachari. Untuk harga yang dikeluarkan untuk menyewa sepeda berkisar 100-300 yen per jam, 400-800 yen untuk setengah hari, dan 1000-1200 yen untuk satu hari penuh.

Aturan Berkendara Sepeda dan Parkir

Secara teori, pesepeda seharusnya menggunakan jalan dan bukan trotoar. Kecuali ketika rambu-rambu menunjukkan bahwa trotoar tersebut untuk digunakan oleh pejalan kaki dan pesepeda.

Baca juga: Keliling Kota Nara di Jepang, Sewa Sepeda Saja!

Di banyak kota besar, ada area parkir sepeda khusus di dekat stasiun kereta api dan pusat perbelanjaan. Kamu bahkan dapat menemukan garasi parkir bertingkat untuk penggunaan eksklusif dengan sepeda.

Halaman:
Editor : Dinia Adrianjara

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.