Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Syarat dan Cara Daftar Beasiswa MEXT Buat Kuliah di Jepang

Kompas.com - 23/Mar/2023, 11:45 WIB
Pelepasan mahasiswa penerima beasiswa MEXT
Lihat Foto
Pelepasan mahasiswa penerima beasiswa MEXT

OhayoJepang - Sebanyak 61 pelajar Indonesia meraih beasiswa Monbukagakusho (MEXT) tahun 2023. MEXT merupakan beasiswa fully funded dari Pemerintah Jepang.

"Beasiswa ini sangat kompetitif. Karena itu, saya rasa kalian merupakan pelajar paling unggul di Indonesia," kata Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Tamura Masami, saat Pelepasan Penerima Beasiswa MEXT di kantor Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.

"Melalui beasiswa ini, kalian dapat memainkan peran penting dalam memperkuat hubungan Jepang dengan negara-negara lain," ucapnya.

Program beasiswa MEXT berdiri sejak 1954. Lebih dari 100 ribu pelajar telah belajar di Jepang melalui beasiswa ini.

Baca juga: 5 Universitas di Jepang yang Paling Banyak Diminati Mahasiswa Asing

Ada enam tipe beasiswa MEXT yang disponsori pemerintah Negeri Sakura, yaitu Research Student, Teacher Training Students, Undergraduate Students, Japqnese Studies Students, College of Technology Student dan Specialized Training College Student.

Keenam tipe beasiswa ini memiliki durasi yang berbeda, mulai dari 1,5 tahun hingga 7 tahun, tergantung jurusan yang kamu ambil.

Masami menambahkan, jumlah orang Indonesia yang belajar di Jepang menempati peringkat kedua di dunia. Negeri Sakura juga merupakan salah satu tujuan studi populer pelajar Indonesia.

Apa saja keunggulan beasiswa MEXT? Dikutip dari laman website Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, ini dia fasilitas yang kamu dapat jika menerima beasiswa MEXT:

Baca juga: Mengubah Visa Pelajar menjadi Visa Bekerja di Jepang

• Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya

• Tunjangan hidup sebesar kurang lebih ¥143.000/bulan (research students), ¥144.000/bulan (mahasiswa S2), ¥145.000/bulan (mahasiswa S3).

Halaman:
Editor : Dinia Adrianjara

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.