Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Cara Menyiapkan Sarapan Tradisional ala Jepang

Kompas.com - 11/Mar/2023, 11:14 WIB
ILUSTRASI - Cara menyiapkan sarapan ala orang Jepang
Lihat Foto
ILUSTRASI - Cara menyiapkan sarapan ala orang Jepang

OhayoJepang - Sarapan tradisional ala Jepang disajikan dengan menu lengkap, yang umumnya dinikmati saat makan siang atau malam.

Biasanya, sarapan tradisional Jepang terdiri dari nasi putih, sup miso, protein seperti ikan bakar dan aneka lauk lainnya.

Lauk yang lazim disertakan berupa acar Jepang (tsukemono), rumput laut kering berbumbu (nori), kedelai yang difermentasi (natto), lauk kecil (kobachi) dan salad hijau.

Meskipun bagi orang Barat sarapan ala Jepang terkesan terlalu 'berat', namun sarapan ini tak dimaksudkan untuk mengenyangkan.

Ukuran porsi untuk sarapan ala Jepang disesuaikan dengan selera dan dihidangkan lebih ringan. Misalnya cenderung tidak berminyak, digoreng atau beraneka ragam.

Baca juga: Orang Jepang Pilih Roti atau Nasi untuk Sarapan?

Cara Menyiapkan Sarapan ala Jepang

Kombinasikan satu dari beberapa item berikut untuk menyiapkan sarapan tradisional ala Jepang. Di antaranya nasi, sup, protein (bisa ikan, telur, atau kedelai fermentasi), dan makanan pendamping. 

Untuk menghemat waktu, keluarga Jepang biasanya memiliki sisa nasi putih yang dihangatkan kembali di penghangat nasi, atau bubur yang dimasak dengan fitur pengatur waktu pada penanak nasi.

Ditambahkan dengan sup miso sisa dari malam sebelumnya yang dipanaskan kembali.

Baca juga: Seperti Apakah Sarapan khas Jepang? Tak Hanya Ikan

Cara praktis lainnya adalah dengan menyediakan acar yang sudah jadi (tsukemono) atau rumput laut yang diawetkan (tsukudani), serta porsi kecil kedelai fermentasi (natto) yang sudah dikemas sebelumnya atau bumbu nasi lainnya (furikake atau rumput laut kering) yang dijual di toko bahan makanan.

Halaman:
Editor : Dinia Adrianjara

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.