Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Panduan Pindah Apartemen di Jepang

Kompas.com - 3/Jul/2020, 11:44 WIB
Ilustrasi kamar apartemen di Jepang.
Lihat Foto
Ilustrasi kamar apartemen di Jepang.

OhayoJepang- Terkadang kita membutuhkan suasana baru atau tempat yang lebih nyaman. Jika kamu berpikir untuk pindah dari apartemen kamu yang sekarang, berikut ini adalah prosedurnya.

Baca juga: Alur Penyewaan Apartemen di Jepang

Beritahu pemilik apartemen atau pihak manajemen

Kamu harus memberitahu tanggal pindahan kepada pemilik apartemen atau pihak manajemen minimal 1-2 bulan sebelum hari H .

Namun, cek periode pemberitahuan pada perjanjian antara kamu dan pemilik apartemen untuk menghindari pembayaran sewa tambahan setelah pindah.

Selain itu, jika kamu ingin membatalkan perjanjian sewa sebelum jatuh tempo, pastikan di perjanjiannya apakah kamu harus membayar denda apa tidak.

Buang barang yang terlalu besar

Sebelum pindah, kamu mungkin ingin mulai menyortir barang, apalagi jika kamu ingin membuang barang-barang berukuran besar seperti furnitur dan peralatan rumah tangga.

Terdapat beberapa prosedur untuk membuang barang-barang ini. Jika kamu ingin cara yang lebih murah, beberapa kotamadya memiliki situs web yang memungkinkanmu untuk memesan hari dan waktu penjemputan.

Hal yang harus kamu lakukan adalah membeli stiker tertentu, tempelkan pada barang yang ingin kamu buang, dan bawa barang tersebut ke tempat yang telah ditentukan.

Ada juga perusahaan yang langsung mengambil barang-barang tersebut langsung dari tempat tinggalmu.

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.