Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Hidup Bersama Komunitas Muslim di Okayama

Kompas.com - 17/Jun/2020, 08:57 WIB
ILUSTRASI - Masjid
Lihat Foto
ILUSTRASI - Masjid

OhayoJepang - Jepang tak hanya Tokyo dan Osaka. Ada banyak kota di Jepang dengan ragam kehidupan dan budayanya masing-masing yang unik. 

Salah satunya Kota Okayama dan komunitas Muslim di kota ini. Saya akan menceritakan kisah orang-orang Indonesia yang tinggal di Jepang melalui cerita tentang Masjid Okayama di Kota Okayama, tempat kelahiran saya.

Baca juga: Pengalaman Menjelajahi Keindahan Masjid Tokyo Camii

Kota Okayama merupakan kota besar berpenduduk lebih dari 700.000 orang yang terletak di wilayah Chugoku. 

Di Kota Okayama ini, ada sekitar 500 orang lebih warga negara Indonesia yang tinggal dan jumlahnya bertambah setiap tahun. 

Setiap kali saya pergi ke masjid, ada banyak orang Indonesia yang menggunakan tempat ini. Jadi, saya bisa menyaksikan sendiri bahwa orang Indonesia semakin banyak menetap di Okayama. 

Masjid Okayama didirikan pada tahun 2009 dengan dana yang berasal dari perkumpulan mahasiswa Muslim Okayama. Sebelumnya mereka melaksanakan salat di dalam kampus Universitas Okayama. 

Setelah masjid tersebut selesai dibangun, masjid ini berperan besar pada terbentuknya komunitas Muslim di Okayama. Pada saat Idul Fitri dan bulan Ramadan, tempat ini dipenuhi para jamaah. 

Bahkan beberapa tahun ini, mereka juga meminjam ruang olahraga sebuah sekolah dasar di kota tersebut untuk salat Idul Fitri. 

Masjid Okayama ini terdiri atas dua lantai. Lantai kedua digunakan sebagai tempat menginap mahasiswa yang kesulitan menyewa tempat tinggal karena alasan ekonomi.

Masjid Okayama tersebut digunakan sebagai tempat bersosialisasi bagi mahasiswa Indonesia yang belajar sebagai pelajar asing di universitas sekitarnya. Selain itu, tentu saja sebagai tempat yang penting untuk menjalankan ibadah dan menjalin pertemanan. 

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.