Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Ikigai, Intip Cara Orang Jepang Mengejar Kebahagiaan

Kompas.com - 2/Apr/2020, 18:25 WIB
ILUSTRASI - Musim sakura di Jepang
Lihat Foto
ILUSTRASI - Musim sakura di Jepang

OhayoJepang - Perkenalkan ikigai, ideologi tradisional Jepang yang kerap dikaitkan dengan angka harapan hidup tinggi di Negeri Sakura.

Kata ini merupakan gabungan kata "iki" (生き) yang artinya "hidup" dan "gai" (甲斐). Biasanya digunakan untuk menunjukkan nilai, ikigai berarti menemukan tujuan hidup sebagai bagian kebahagiaan sejati.

Dengan kata lain, ikigai adalah apa yang membuatmu bersemangat menjalani hidup.

Apa itu ikigai?

Asal mula kata "ikigai" berasal dari masa Heian (794 - 1185). Psikolog dan pakar evolusi ikigai, Akihiro Hasegawa, merilis sebuah penelitian pada 2001. Ia menuliskan bahwa kata "gai" adalah turunan dari kata "kai" (貝) yang artinya "cangkang".

Mahalnya cangkan pada masa Heian menjadi cerminan nilai pada kata tersebut. Kata-kata Jepang seperti "hatarakigai" (働きがい) yang berarti nilai suatu pekerjaan, atau "yarigai ~ga aru" (やり甲斐がある) yang berarti "sepadan untuk dilakukan".

Gai adalah kunci untuk menemukan tujuan dan nilai dalam kehidupan. Cara terbaik untuk mengerti makna ideologi ikigai adalah dengan melihat pada diagram Venn di bawah ini yang memperlihatkan empat kualitas kehidupan utama yang saling tumpang tindih: keahlianmu, apa yang dunia butuhkan, pekerjaanmu, dan apa yang kamu cintai. 

Diagram venn Ikigai.
Diagram venn Ikigai.

Setelah dipecahkan ke teori yang paling dasar, ikigai berada di tengah kualitas-kualitas tersebut.

Pentingya ideologi ikigai

Banyak sosiolog, ilmuwan, dan jurnalis mengadakan penelitian dan membuat hipotesis mengenai manfaat dan kebenaran ikigai. Mereka semua menemukan beberapa kesimpulan yang menarik. Salah satu kesimpulannya adalah ikigai dapat membuatmu hidup lebih lama dan lebih terarah.

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.