Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Orang Jepang Pilih Roti atau Nasi untuk Sarapan?

Kompas.com - 14/Apr/2020, 08:06 WIB
Sarapan khas Jepang
Lihat Foto
Sarapan khas Jepang

OhayoJepang - Jika berbicara tentang sarapan Jepang, maka pikiran akan terlintas pada menu berupa nasi, ikan, sup miso, acar, dan hidangan sehat lainnya.

Sarapan tradisional seperti itu masih ada hingga sekarang. Namun tetapi saat ini mempersiapkan sarapan sebanyak itu setiap pagi sudah bukan hal yang lumrah bagi orang Jepang.

Namun, satu hal yang pasti, sarapan adalah makanan terpenting di Jepang. Menurut survei pada 2017 terhadap 4.653 pekerja Jepang, 83,9 persen mengatakan mereka biasa menyarap.

Dari persentase tersebut, 80,4 persen sarapan setiap hari. Sementara 15,1 persen hanya lima hingga enam kali seminggu.

Sebagai perbandingan, sebuah survei pada 2011 terhadap 14.000 orang Amerika oleh Kellogg's memaparkan bahwa hanya 34 persen responden yang menyarap setiap hari.

Mengenai menu sarapan mereka, sebuah survei pada 2018 memaparkan bahwa 62 persen orang Jepang sarapan dengan roti daripada nasi atau makanan pokok lainnya.

Namun, saat ditanyakan apa menu ideal sarapan mereka, 70 persen responden menjawab sarapan gaya Jepang (nasi, ikan, sup miso, acar, dan hidangan sehat lainnya).

Kelihatannya, banyak orang Jepang yang lebih mementingkan sarapan cepat daripada sarapan sehat. Faktanya, 60,2 persen responden mengatakan kemudahan adalah faktor terpenting dalam memilih menu sarapan.

Sebagai perbandingan, hanya 28,1 persen memikirkan kandungan nutrisi sebagai faktor penting, dan hanya 26,5 persen yang memprioritaskan rasa.

Dengan kata lain, seperti negara-negara lainnya, orang Jepang akan memilih roti bakar daripada sarapan bergaya Jepang jika mereka tak ingin ketinggalan kereta.

Sumber: Savor Japan / Honote / Softbrain Field Co., Ltd

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.