Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Budaya Kerja di Jepang: Apa itu Tradisi Bonenkai dan Shinnenkai?

Kompas.com - 26/Dec/2019, 21:12 WIB
Tradisi minum di Jepang.
Tradisi minum di Jepang.

OhayoJepang - Negara Jepang memiliki banyak budaya yang unik seperti tradisi minum-minum setelah bekerja yang dikenal dengan “Nomikai”. Tradisi ini menjadi salah satu cara orang Jepang berkomunikasi dari hati ke hati dengan teman satu tempat kerja.

Baca: Tradisi Minum-minum Selepas Bekerja di Jepang, Ini Pentingnya Ikut “Nomikai”

Terdapat juga event spesial dari tradisi minum-minum ini, terutama yang diadakan pada saat akhir tahun dan awal tahun. 

Undangan minum di akhir tahun diadakan untuk menyampaikan rasa terima kasih pada orang-orang yang telah bekerja sama dalam suatu pekerjaan selama satu tahun tersebut. Tradisi ini dikenal dengan “bonenkai”

Sementara itu, acara minum pada awal tahun memiliki tujuan untuk merayakan tahun baru dimulainya bisnis bersama. Tradisi ini dikenal dengan “shinnenkai”. 

Kedua acara ini biasanya diadakan bersama dengan teman kerja di perusahaan ataupun diadakan dengan klien bisnis. Pada periode ini jumlah undangan acara minum akan sangat banyak. 

Berikut pembahasan lebih jelasnya.

Apa itu Bonenkai dan Shinnenkai?

Kata bonenkai secara harfiah memiliki makna “pesta untuk melupakan tahun (lalu)”. Acara minum ini biasanya diadakan selama bulan Desember. 

Sementara itu, shinnenkai memiliki makna “pesta tahun baru”. Acara ini biasanya diadakan pada bulan Januari setelah libur panjang awal tahun di Jepang. 

Halaman:
Editor : Wahyu adityo prodjo

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.