Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Frasa Bahasa Jepang untu Komunikasi dengan Rekan Kerja

Kompas.com - 9/Dec/2019, 12:04 WIB
Ilustrasi pekerja kantor di Jepang.
Ilustrasi pekerja kantor di Jepang.

OhayoJepang - Aisatsu atau salam adalah hal yang sangat penting di Jepang, terutama di tempat kerja karena berkaitan dengan perilaku yang dianggap paling penting. Ada beberapa frasa yang dapat Anda gunakan untuk aisatsu.

Di artikel ini, kami akan memberikan daftar asisatsu yang paling dasar yang mungkin bisa sangat berguna bagi Anda untuk berkomunikasi secara efektif dengan kolega Anda.

Ohayo gozaimasu

"Ohayo" adalah salam yang biasanya digunakan untuk mengucapkan "Selamat Pagi," pada pagi hari, "Konnichiwa" dan "Konbanwa" pada sore dan malam hari. "Gozaimasu" ditambahkan untuk menyopankan.

Biasanya, Anda harus menggunakan frasa ini pada pagi hari untuk menyapa seseorang. Namun, di beberapa perusahaan Jepang, mengucapkan "Ohayo gozaimasu," adalah kebiasaan yang dilakukan ketika Anda masuk kerja atau menyapa seseorang untuk pertama kalinya hari itu pada jam tertentu, bahkan Anda bisa mengucapkannya pada pada malam hari.

Baca juga: Begini Prosedur Imigrasi di Jepang Saat Pindah Kerja

Anda dapat menggunakan frasa ini sebagai salam pertama Anda pada hari setelah tiba di tempat kerja Anda.

Dalam situasi biasa, Anda bisa mengucapkan "Ohayo," kepada rekan kerja Anda, tetapi selalu gunakan frasa lengkap ketika menyapa bos Anda atau mereka yang memiliki posisi lebih tinggi. Bahkan meskipun jika Anda memiliki hubungan dekat dengan mereka, akan terdengar tidak sopan untuk memberikan salam kepada mereka dengan cara yang kasual di tempat kerja.

Otsukaresama desu dan Otsukaresama deshita

"Otsukaresama desu" adalah salah satu frasa yang paling banyak diucapkan atau didengar di setiap tempat kerja di Jepang. Tidak ada terjemahan bahasa Indonesia yang langsung untuk frasa ini, tetapi yang terdekat adalah "Terima kasih atas kerja keras Anda."

Pada dasarnya, ada tiga situasi yang memungkinkan Anda menggunakan frasa ini:

Halaman:
Editor : Silvita Agmasari

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.