Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Prosedur Pengalihan Visa Trainee Teknis ke Visa Pekerja Keterampilan Khusus di Jepang

Kompas.com - 14/Nov/2019, 20:08 WIB
Ilustrasi visa
Ilustrasi visa

OhayoJepang -  Visa Pekerja Keterampilan Khusus diperkenalkan pada April 2019 lalu dan sudah menjadi berita utama. Karena masih dalam tahap baru, sebagian besar informasinya masih dalam bahasa Jepang. Dalam artikel ini akan dijelaskan serangkaian prosedur untuk mempermudah Anda memahami peralihan visa ini.

Bagi mereka yang sepenuhnya baru mengetahui dengan konsep visa ini, Anda tidak dianggap sebagai trainee tetapi pekerja penuh yang menjanjikan tunjangan dan gaji penuh yang sama dengan orang Jepang pada umumnya. Baca panduan di bawah ini untuk semua perincian tentang Visa Pekerja Keterampilan Khusus!

Apa yang harus dilakukan terlebih dahulu?

Hal paling mendasar adalah untuk mengetahui bahwa Visa Pekerja Keterampilan Khusus masih dianggap sebagai salah satu dari visa kerja, Jika Anda tidak memiliki atasan, hal itu tidak akan menjadi masalah. Untungnya sejak mengikuti Program Pelatihan Magang Teknis, Anda sudah memiliki calon atasan. Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memenuhi persyaratan dan membuat perubahan visa.

Apa yang terjadi dengan visa Anda saat ini?

Jika berhasil menerima Visa Pekerja Keterampilan Khusus, visa Anda saat ini akan dibatalkan. Anggap saja ini adalah sebuah peningkatan!

Apa persyaratan dasar untuk kelayakan visa?

Pada dasarnya, agar memenuhi syarat untuk Visa Pekerja Keterampilan Khusus, ada dua cara untuk melakukannya: rute ujian dan rute bebas ujian.

Untuk rute ujian, Anda harus lulus ujian keterampilan dan ujian bahasa Jepang. Setelah melakukannya dan sudah memiliki atasan, maka Anda baik untuk memulai pekerjaannya.

Jika telah menyelesaikan program pelatihan praktek kerja (ii) dengan baik, Anda berhak atas pembebasan dari kedua ujian.

Halaman:
Editor : Silvita Agmasari

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.