Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

5 Tanda Mengapa Jepang Bisa Disebut Negara Teraman di Dunia

Kompas.com - 14/Nov/2019, 08:27 WIB
Stasiun Shin-Okubo Tokyo.
Stasiun Shin-Okubo Tokyo.

OhayoJepang - Menurut Indeks Perdamaian Global 2019, Jepang berada di peringkat ke-9 dunia dalam hal "negara damai", dengan Indonesia di peringkat 34, dan Filipina di urutan ke-134. Untuk domain keselamatan dan keamanan, Jepang konsisten berada di peringkat 5 teratas di antara negara-negara di dunia.

Sebagai orang asing yang tinggal di Jepang selama bertahun-tahun, saya dapat membuktikan bahwa keselamatan Jepang berada pada tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara asal saya atau setidaknya merasa lebih aman di negara ini. Berikut adalah beberapa hal yang membuat saya takjub tentang keamanan Jepang.

Kamu dapat pergi ke minimarket sendiri, bahkan saat tengah malam

Saat tinggal di sini, saya terkejut melihat betapa sedikit pengiriman makanan 24 jam yang tersedia. Namun, apa yang harus dilakukan ketika kamu menginginkan makanan saat tengah malam?

Kamu bisa pergi keluar dan membelinya di minimarket terdekat. Bahkan bagi wanita pun, pergi ke luar rumah di tengah malam lingkungan dijamin aman.

Mayoritas orang mematuhi peraturan lalu lintas

Stasiun Shin-Okubo Tokyo.
Stasiun Shin-Okubo Tokyo.

Stasiun Shin-Okubo Tokyo. Tidak ada orang yang menerobos lampu merah penyebrangan di sini.

Hampir di semua jalan di Jepang terdapat lampu penyebrangan, sehingga kamu tidak perlu melihat ke kiri dan ke kanan ataupun berlari saat menyeberang jalan. Cukup menunggu lampu penyeberangan berubah warna menjadi warna hijau.

Di beberapa jalan kecil di terutama yang ada di sekitar perumahan biasanya hanya terdapat zebra cross saja. Di jalan seperti ini, pejalan kakilah yang lebih diprioritaskan. Jadi, pastikan untuk mengecek lampu penyebrangan jalan sebelum kamu menyebrang di Jepang.

Kamu dapat meninggalkan tas di tempat duduk restoran tanpa khawatir

Halaman:
Editor : Silvita Agmasari

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.