Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Mengenal Wilayah-Wilayah yang Ada di Jepang

Kompas.com - 17/Oct/2019, 22:03 WIB
Ilustrasi Hokkaido.
Ilustrasi Hokkaido.

OhayoJepang - Jepang dikenal sebagai negara kepulauan yang dibagi menjadi lima pulau utama, Hokkaido, Honshu, Shikoku, Kyushu dan Okinawa.

Faktanya, Jepang terdiri dari serangkaian pulau yang panjang sehingga memiliki empat musim berbeda dengan iklim mulai dari subarktik di utara hingga subtropis di selatan.

Berdasarkan geografi dan budaya, Jepang dibagi menjadi 8 wilayah dan 47 prefektur. Setiap daerah memiliki dialeknya sendiri, kebiasaan makan dan budaya lokal.

Artikel ini akan memperkenalkan lokasi masing-masing daerah dan beberapa fakta menarik tentang pulau-pulau di Jepang.

Hokkaido

Bekas Gedung Kantor Pemerintah Hokkaido
Bekas Gedung Kantor Pemerintah Hokkaido

Hokkaido berada di paling utara Jepang dan merupakan wilayah terbesar dari 47 prefektur negara itu yang terdiri dari 22 persen dari total luas tanah negara. Di musim dingin, suhu rata-rata berkisar minus 7,5 derajat celsius dan salju ada di mana-mana.

Sejumlah resor ski dan Festival Salju Sapporo menarik pengunjung dari seluruh dunia. Bahkan di musim panas yang rata-rata memiliki suhu tertinggi lebih dari 25 derajat celsius, menjadikan Hokkaido tujuan populer untuk liburan musim panas juga.

Pemandangan malam dari Gunung Hakodate diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Banyak orang datang ke Hokkaido untuk menikmati makanan laut segar, terutama kepiting. Tidak hanya itu, wilayah ini juga terkenal dengan produk susu yang lezat.

Tohoku

Kota Yamadera di Prefektur Yamagata, Tohoku, Japan
Kota Yamadera di Prefektur Yamagata, Tohoku, Japan

Wilayah Tohoku terdiri dari enam prefektur. Kota paling terkenal dan terbesar di wilayah ini adalah Sendai, Prefektur Miyagi. Prefektur Aomori terkenal dengan produksi apel tertinggi dan berkualitas di Jepang dan juga terkenal sebagai kota kelahiran novelis terkemuka, Osamu Dazai.

Halaman:
Editor : Wahyu adityo prodjo

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.