Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Ini Makna Musim Gugur Bagi Orang Jepang

Kompas.com - 3/Oct/2019, 22:32 WIB
ilustrasi musim gugur di Jepang.
ilustrasi musim gugur di Jepang.

OhayoJepang - Bersamaan dengan berakhirnya musim panas di Jepang, sekarang saatnya untuk bersiap-siap menghadapi musim gugur. Perubahan yang paling terlihat adalah pakaian orang-orang yang mulai berubah warnanya menjadi lebih gelap.

Selain itu, mereka pun mengenakan pakaian yang lebih tebal untuk melindungi diri dari udara dingin di pagi dan malam hari.

Bagi orang Jepang sendiri musim ini memiliki berbagai makna. Mau tahu apa saja makna musim gugur yang ada? Berikut liputannya.

  1. Periode

Musim gugur biasanya mengacu pada periode dari bulan September dan November. Musim transisi dari musim panas yang panas ke musim dingin yang dingin. Pada September suhu Udaranya bisa masih berada di 30 derajat celcius, dan begitu memasuki bulan November suhu udara bisa turun ke 10 derajat celsius.

  1. Acara Tradisional

ilustrasi bulan
ilustrasi bulan

Tsukimi (kegiatan memandang bulan)

Festival ini telah ada sejak zaman dulu di Jepang. Pada festival ini orang Jepang biasanya menikmati pemandangan bulan purnama di langit yang cerah. Festival ini biasanya diadakan pada tanggal 15 Agustus sesuai dengan kalendar bulan. Kali ini, kegiatan ini diadakan sekitar pertengahan September sampai dengan awal Oktober.

Pada kegiatan ini biasanya orang akan menyediakan kue dango dan susuki (sejenis ilalang). Kelinci sendiri menjadi image umum untuk festival ini, karena orang Jepang menganggap bercak di bulan bentuknya seperti binatang ini.

Shichi Go San, perayaan anak berumur tujuh, lima dan tiga tahun

Upacara Shichi Go San diadakan tiap tahun pada tanggal 15 November. Orang tua akan membawa anak-anak mereka ke kuil dan membuat mereka mengenakan kimono selama akhir pekan. Mirip dengan Hinamatsuri dan Kodomo-no-hi, upacara ini merayakan dan berharap agar anak-anak selalu dalam kondisi baik atau sehat.

  1. Acara Sekolah

Ilustrasi olahraga di sekolah Jepang.
Ilustrasi olahraga di sekolah Jepang.

Hari Olahraga

Halaman:
Editor : Wahyu adityo prodjo

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.