Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Seri Kerja di Jepang: Tak Perlu Pusing, Ujian Bahasa Jepang Ada di Japan Foundation!

Kompas.com - 3/Oct/2019, 16:35 WIB
Ilustrasi huruf Jepang.
Ilustrasi huruf Jepang.

OhayoJepang - Jika kamu ingin tinggal atau bekerja di luar negeri, seperti Jepang, memiliki kemampuan bahasa yang digunakan di negara tersebut adalah suatu keharusan. 

Salah satu cara untuk mengukur kemampuan bahasa Jepang adalah dengan mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh lembaga bersertifikat seperti Japan Foundation. 

Sertifikasi ini terkadang menjadi persyaratan untuk dapat masuk ke sebuah institusi pendidikan atau bekerja di perusahaan yang ada di Jepang. 

Saat ini, ada dua ujian kemampuan bahasa Jepang yang diselenggarakan oleh Japan Foundation, tes bahasa Japanese Language Proficiency Test (JLPT) dan Japan Foundation Test for Basic Japanese (JFT-Basic). 

Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai tes JFT-Basic secara lengkap.

Baca: Apa itu Ujian Bahasa Japanese Language Proficiency Test (JLPT) 

Apa itu JFT-Basic  

JFT-Basic adalah tes kemahiran bahasa Jepang yang berupaya mengukur tingkat kemampuan berbahasa Jepang yang dibutuhkan oleh orang asing untuk tinggal di Jepang terutama untuk bekerja, dan berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. 

Tes ini mengevaluasi kemampuan kompetensi bahasa Jepang berdasarkan “Common European Framework of Reference for Languages: Learning, teaching, assessment (CEFR)” dan  “The JF Standard for Japanese-Language Education”. 

Tes ini digunakan sebagai salah satu persyaratan untuk mengambil visa dengan status Pekerja Berketerampilan Spesifik yang mulai diberlakukan oleh pemerintah Jepang pada 1 April 2019.

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.