Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Mengenal Hierarki Jabatan di Perusahaan Jepang

Kompas.com - 24/Sep/2019, 18:06 WIB
Ilustrasi bos atau atasan.
Ilustrasi bos atau atasan.

OhayoJepang - Di mana pun Anda bekerja, ada baiknya selalu mengetahui hierarki perusahaan tempat Anda bergabung. Terutama jika bekerja dengan perusahaan Jepang yang masih mempraktikkan tradisi lama, sementara beberapa lebih suka melakukannya dengan sederhana. Apa pun itu, tentu akan sangat membantu jika Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang sistem masing-masing perusahaan.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana hierarki di Jepang dan beberapa praktiknya.

Berapa banyak posisi yang ada di perusahaan Jepang?

Terdapat nama posisi yang sangat tradisional dan khas di sini karena semakin banyak nama baru yang keluar dan masing-masing perusahaan memiliki sistem promosi dan nama posisi masing-masing. Saat ini, tidak ada yang dapat mengidentifikasi siapa dan siapa yang posisinya paling tinggi hanya dengan nama posisi mereka. 

Posisi umum di perusahaan Jepang

Peringkat Posisi Pengucapan Arti
1 社長 代表取締役 Shacho Daihyo-torishimariyaku Presiden, Direktur Perwakilan
2 取締役 Torishimariyaku Direktur
3 部長 Bucho Manajer Umum
4 課長 Kacho Manajer
5 係長 Kakaricho Ketua

Selain itu, dari peringkat 3 ke 5 memiliki peringkat 代理 (Dairi). Istilah ini digunakan sebagai 部長 代理 (Bucho-dairi) dan 課 長 代理 (Kacho-dairi), yang biasanya memiliki otoritas kurang dari 部長 dan 課 長, karena 代理 berarti "wakil”. 役 員 (Yakuin) juga berarti eksekutif dalam semua bidang.

Selanjutnya adalah versi rekan kerja. Hal ini mungkin baru bagi pendatang  baru, tetapi di Jepang sendiri hierarki tidak hanya didasarkan pada posisi tetapi juga pada tahun pelayanan atau tahun terakhir, dilihat berdasarkan usia. 

Posisi Pengucapan Arti
同僚 Douryo Rekan kerja
先輩 Sempai Senior
後輩 Kouhai Junior
同期 Douki Kolega yang bergabung dengan perusahaan dalam periode yang sama.
上司 Joushi Atasan
部下 Buka Bawahan

Dengan adanya panduan ini, pekerja baru diharapkan dapat menjelaskan hubungan di perusahaannya dalam bahasa Jepang dengan kata-kata ini, "Mr. Tanaka adalah sempai saya dan dia merawat saya dengan baik,”.

Pekerja dianggap beruntung jika sempai mereka juga ditetapkan sebagai 教育 担当 mereka (kyouiku-tantou atau pelatih pendatang baru). Pekerja baru dapat menanyakan apa pun tentang pekerjaannya dan juga bagaimana sopan santun praktik di perusahaan tempatnya bekerja..

Berikut adalah beberapa praktik yang lebih umum di tempat kerja.

Halaman:
Editor : Silvita Agmasari

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.