Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tips Nonton Bioskop di Jepang, Apa Bedanya dengan Bioskop di Indonesia?

Kompas.com - 26/Aug/2019, 19:37 WIB
ILUSTRASI - Bioskop
ILUSTRASI - Bioskop

OhayoJepang - Kamu suka dengan anime atau drama Jepang? Mungkin kamu ingin mencoba nonton film Jepang maupun film lainnya di bioskop di Jepang. Namun, ada beberapa perbedaan saat menonton film di bioskop di Jepang dengan di Indonesia. 

1. Versi fukikae (dubbing) 

Saat kamu memesan tiket bioskop, kamu akan menemukan dua versi yaitu 字幕 jimaku dan  吹替 fukikae, walaupun ini film yang sama. Hal ini terjadi hanya pada film asing karena jimaku berarti subtitle jadi film tersebut diberi subtitle Bahasa Jepang tetapi suara pemain film tetap suara asli. Sementara itu, fukikae berarti dubbing, jadi suara aktor dan aktris sudah dialihsuarakan menjadi berbahasa Jepang. Hal ini berbeda dengan di Indonesia, yaitu semua film asing diberi subtitle, jadi hanya ada satu versi. 

2. Jangan membawa makanan dari luar

Ada makanan dan minuman yang dijual di bioskop. Mungkin kamu akan merasa bahwa makanan di bioskop Jepang harganya lebih mahal. Namun, sama seperti di Indonesia, jangan membawa makanan dari luar karena hal ini tidak diperbolehkan.

3. Tertawa diam-diam, Nangis Diam-diam

Walau film yang ditonton sangat lucu ataupun sangat menyedihkan, orang Jepang tetap menonton secara hening di dalam bioskop. Mereka akan menahan tawa maupun tangisan. Hal ini berbeda dengan di Indonesia, yang kerap terdengar suara tertawa lepas, tangis, teriak kaget, bahkan sorakan di dalam bioskop. 

4. Duduk sebelum jam tayang dimulai

Biasanya ada iklan sebelum film yang kita tonton dimulai. Namun, orang Jepang biasanya merasa terganggu jika ada orang yang lalu lalang di depan mereka yang tengah mencari tempat duduk sehingga menghalangi pandangan. Walaupun orang tersebut lewat saat layar masih memutar iklan. Di Indonesia, umumnya orang tidak masalah saat ada seseorang masih sibuk mencari kursi walau film sudah dimulai.

5. Jangan menendang

Halaman Berikutnya
Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.