Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Kulineran di Kyoto? Ini Aneka Makanan Khas Pasar Nishiki yang Berusia 400 Tahun

Kompas.com - 17/Aug/2019, 16:22 WIB
Gurita rebus
Gurita rebus

OhayoJepang - Nishiki Market di Kyoto memiliki sejarah sekitar 400 tahun. Pasar ini menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Kyoto. Ada banyak jajanan yang dijual di toko-toko sepanjang pasar yang menarik untuk dinikmati baik turis lokal maupun turis asing. Yuk, lihat apa saja yang bisa kamu nikmati di pasar ini dari hasil laporan beberapa jurnalis yang menetap di Jepang berikut ini.

Tsukudani

Tsukudani merupakan lauk yang dibuat dari bahan makanan laut (ikan teri, rumput laut dan lain sebagainya) yang direbus ke dalam campuran kecap soyu dan gula dengan api kecil. 

“Karena orang Jepang sangat suka dengan nasi putih, kebanyakan dari mereka akan lebih memilih laik yang memiliki rasa kuat,” ujar salah seorang jurnalis Jepang.

Toko ini menjual ikan sardine kering dan tsukudani rumput laut.
Toko ini menjual ikan sardine kering dan tsukudani rumput laut.

Jurnalis Jepang lainnya setuju dengan pendapat ini. “Dengan sedikit lauk tsukudani , kami bisa makan banyak nasi dan juga menikmati alkohol dengannya,” katanya.

Setelah itu para jurnalis mencoba lauk berupa asinan sayuran dengan rasa ringan. Jurnalis berkewarganegaraan Tiongkok berkata bahwa di negaranya kemungkinan orang tidak akan bisa makan nasi dengan lauk seperti itu. 

Hal ini tentu saja mengagetkan untuk orang Jepang. Karena bagi orang Jepang, tsukudani dan asinan sayur adalah lauk yang sama-sama enak dimakan bersama nasi. 

“Saya sebenarnya sebenarnya lebih suka makan asinan sayur dengan nasi dibandingkan dengan tsukudani. Saya jadi tertarik lauk seperti apa yang biasanya dimakan oleh orang Tiongkok bersama dengan nasi,” katanya.

Gurita rebus

Gurita rebus
Gurita rebus

Kunjungan toko ini menarik minat jurnalis asing. Bagaimana tidak, hidangan gurita yang berisi telur ini terlihat menyeramkan untuk dimakan. Meski sebetulnya memiliki rasa yang ringan dan mudah dimakan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.