Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Wow, 10.000 Ikan Mas “Kuasai” Sebuah Pameran Keren di Tokyo 

Kompas.com - 15/Aug/2019, 19:32 WIB
Ooku dengan lebar tiga meter
Ooku dengan lebar tiga meter

OhayoJepang - ECO EDO Nihonbashi Art Aquarium 2019 Edo-Goldfish Cool & Night Aquarium baru-baru ini diluncurkan di aula Nihonbashi Mitsui Hall yang berlokasi di Tokyo, Jepang. Acara ini kali pertama berlangsung pada 5 Juli 2019 yang lalu dan akan terbuka untuk masyarakat umum sampai 23 September 2019. 

Acara populer ini menampilkan berbagai ikan, termasuk ikan mas, yang berenang di akuarium raksasa. Kamu akan mengagumi ikan-ikan yang berenang di akuarium seakan mereka sebuah karya seni. 

Tahun ini merupakan tahun terakhir diadakannya acara ini di Nihonbashi Mitsui Hall. Pengelola acara pun memutuskan untuk menambah jumlah ikan mas yang ditampilkan, yaitu mencapai 10.000 ekor ikan mas. 

Mari kami ajak kamu berkeliling pameran yang keren dan kontemporer ini!

Aqua Art Exhibition “ECO EDO Nihonbashi Art Aquarium 2019 ~ Edo, Coolness of Kingyo~ & Night Aquarium”
Aqua Art Exhibition “ECO EDO Nihonbashi Art Aquarium 2019 ~ Edo, Coolness of Kingyo~ & Night Aquarium”

Daya tarik utama pameran ini adalah 20 karya seni di Art Aquarium Nihonbashi. Di antara karya seni ini adalah Oiran berbentuk akuarium dengan ribuan ikan mas di dalamnya, serta karya seni Ooku yang menggunakan air yang mengalir dari tabung Oiran. Ada pula Super Oiran berupa akuarium raksasas dengan 17 tangki air di sekelilingnya. Sebagai tambahan dari kreasi ini adalah pameran Lotusrium yang memiliki motif bunga lotus serta akuarium lainnya yang semuanya patut untuk dilihat. 

Ooku dengan lebar tiga meter
Ooku dengan lebar tiga meter

Giyamanrium memproduksi efek prisma di akuarium jaring yang transparan. Sementara itu, Paradoxrium, didesain sedemikian rupa sehingga kamu tidak bisa melihat permukaan vertikal dari tangki air tersebut. Fitur lainnya dalam pameran adalah Kaleidorium 3D yang strukturnya akan membuat kamu merasa melihat ke dalam sebuah kaleidoskop. Akuarium lainnya yang menghasilkan efek visual juga dipamerkan dalam acara tersebut. 

Kaleidorium 3D
Kaleidorium 3D

Selain itu, pameran ini juga menampilkan koleksi Kingyo Collection, yang berisikan ikan mas jenis langka. Karya seni lainnya yang juga dipamerkan adalah Kingyo Hinpyo (Ulasan Ikan Mas) yang memungkinkan kamu untuk mengamati ikan mas dari atas akuarium. 

Setelah pukul tujuh malam, Night Aquarium akan berlangsung di tempat ini. Ada beberapa acara spesial yang diselenggarakan setiap harinya seperti penampilan seni tradisional Jepang dan acara musik yang dimainkan DJ. 

Goldfish Review memberikan kamu perspektif berbeda saat melihat ikan berenang di akuarium
Goldfish Review memberikan kamu perspektif berbeda saat melihat ikan berenang di akuarium

Selain akuarium ikan mas, ECO EDO Nihonbashi 2019 Enjoy Cool Edo with All Five Senses juga menjadi acara musim panas tahunan di area Nihonbashi. Turis akan senang ketika menemukan beragam suvenir dan hidangan dengan motif ikan mas di acara ini. 

Ada 110 toko di distrik belanja Nihonbashi. Mereka menyajikan beragam hidangan dan minuman, mulai dari hidangan manis, menu bar, dan minuman alkohol.
Ada 110 toko di distrik belanja Nihonbashi. Mereka menyajikan beragam hidangan dan minuman, mulai dari hidangan manis, menu bar, dan minuman alkohol.

Salah satu toko unik yang bisa kamu temukan adalah Suigian, restoran dan lounge bergaya teater di Coredo Muromachi yang didesain oleh seniman Art Aquarium. Kamu akan menikmati aneka hidangan bermotif ikan mas sambil menikmati pertunjukkan seni tradisional Jepang misalnya Noh, Kyogen, dan Buyou (seni tari tradisional Jepang). 

Restoran dan lounge bergaya teater, Suigian
Restoran dan lounge bergaya teater, Suigian

Aneka acara diselenggarakan di luar Coredo Muromachi.

Lentera besar dengan desain ikan mas di Nakadori, dinyalakan.
Lentera besar dengan desain ikan mas di Nakadori, dinyalakan.

Nakadori, jalur setapak menuju Fukutoku Shrine, sebuah kuil Shinto, diberi lentera besar bermotif ikan mas yang dipasang di kedua sisi jalan. Jalur ini juga dikenal sebagai Goldfish Lantern Walkway.

Untuk tahun ini, sebuah acara bertajuk Summer Scroll, dengan tema “aliran air” juga diselenggarakan. Ini adalah acara yang berisikan presentasi seni digital yang menitikberatkan pada musim panas dan perubahan musim melalui permainan cahaya dan suara. Beragam pertunjukkan berlangsung pada 5 Juli hingga 18 Agustus 2019 (tengah pertama) serta 19 Agustus sampai 23 September 2019 (tengah kedua). 

Bandul angin di jalur hutan
Bandul angin di jalur hutan

Sepanjang jalur yang menghubungkan Fukutoku Shrine dan Taman Fukutoku, kamu akan menemukan 200 buah bandul angin bergaya Edo. Jalur ini disebut dengan Wind Chime Forest Path, jalur setapak hutan dengan bandul angin. Mulai pukul 19.00 sampai 23.00, bandul angin ini dinyalakan untuk menambah warna pada malam musim panas. 

Selain itu, setiap akhir pekan mulai 20 Juli hingga 1 September 2019, Art Aquarium Summer Festival juga berlangsung di Taman Fukutoku. Acara ini menampilkan pentas Bon-odori berbagai kelompok seni dari berbagai daerah di Jepang. Pastikan kamu membawa keluarga dan teman, lalu bergabung dalam kegembiraan serta bersiaplah larut dalam musik!

ECO EDO Nihonbashi Art Aquarium 2019 ~Edo, Coolness of Kingyo~ & Night Aquarium
Nihonbashi Mitsui Hall, 5F Coredo Muromachi 1 (Pintu masuk di lantai empat)
Buka dari pukul 11.00 sampai 22.30 dari Minggu sampai Jumat dan 11.00 sampai 23.30 pada Sabtu dan satu hari sebelum hari libur Jepang. Art Aquarium buka dari pukul 11.00 sampai 19.00 dan Night Aquarium buka dari pukul 19.00 sampai 22.30 (buka sampai 23.30 pada Sabtu dan satu hari sebelum hari libur Jepang).

Provided by Japan Walker™, Tokyo Walker™ (5 July 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR