Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

7 Tips Belajar Bahasa Jepang

Kompas.com - 8/Aug/2019, 18:34 WIB
ILUSTRASI
ILUSTRASI

OhayoJepang - Mempelajari bahasa asing terutama Bahasa Jepang bukanlah hal yang mudah. Selain harus mempelajari huruf kanji, kita juga harus tau cara pengucapan huruf itu dengan benar. Namun bila kita sudah suka dengan bahasa itu sendiri, mempelajari bahasa bisa lebih menyenangkan. 

Berikut tips yang mungkin bisa membantu kamu saat mempelajari bahasa Jepang. 

1. Mulailah dengan mempelajari huruf Hiragana dan Katakana

 

 

Huruf Hiragana dan Katakana merupakan huruf yang wajib dipelajari untuk menguasai kemampuan dasar Bahasa Jepang. Huruf ini masing-masing berjumlah 46. Untuk mengingat huruf ini, sebaiknya lakukan latihan tulis sebanyak mungkin sambil terus berlatih membacanya. Beli kertas tabel berisi huruf Hiragana dan Katakana. Lalu tempel di tempat yang mudah dilihat. Hal ini bisa menjadi cara untuk mengingat huruf ini. 

 

2. Carilah buku yang sesuai dengan cara belajar kamu

 

Pemilihan buku pelajaran pun merupakan hal yang paling penting dalam mempelajari Bahasa Jepang. Saat ini ada banyak buku pelajaran Bahasa Jepang dengan bentuk yang berbeda-beda. Sebaiknya baca dan lihat bentuk buku pelajaran tersebut. Lalu pilih buku yang mudah kamu mengerti.

Buku pelajaran Bahasa Jepang ini biasanya dibagi ke dalam beberapa bagian, seperti buku khusus untuk mempelajari huruf, buku tata bahasa, dan buku latihan. Sebaiknya kamu memiliki ketiga jenis buku agar bisa mempelajari bahasa Jepang dengan lengkap.

 

3. Tambahkan Bahasa Jepang ke dalam rutinitas sehari-hari kamu

 

Cara penambahan bahasa ini bisa bermacam-macam, cara yang paling sederhana adalah dengan menempel tabel huruf Jepang atau kata-kata dengan tulisan Jepang di sekitar kamar. 

Selain itu, bila kamu telah menyukai anime, komik, atau drama Jepang sebagai hobi. Kamu bisa menggunakan hal ini sebagai salah satu cara pembelajaran harian, kamu bisa mendengar kosakata ataupun bentuk kalimat yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari pada anime, komik, ataupun drama. Dengan melihat atau membaca Bahasa Jepang setiap hari, kemampuan mendengar dan membaca kamu pun akan meningkat.

Selain itu, kamu juga bisa mulai memasukkan beberapa lagu Jepang ke telepon pintar kamu. Jadi, kamu bisa belajar sambil mendengarkan musik saat di jalan.

4. Selalu menanamkan rasa keingintahuan

 

 

Bila pada saat kamu melihat anime dan drama, membaca komik, ataupun mendengarkan lagu, kamu akan menemukan kosakata yang tidak kamu mengerti sebaiknya langsung cari tahu kosakata tersebut. Dengan teknologi sekarang kita bisa dengan mudah mencari arti kosakata tersebut di internet dengan menggunakan Google Translate.

 

5. Latihan berbicara dan mendengar sebanyak mungkin

 

Kemampuan bahasa akan lebih terasah bila kita menggunakannya untuk berbicara sehari-hari. Kamu bisa mengambil les bahasa untuk percakapan, mencoba melakukan pekerjaan sambilan di restoran Jepang, atau mencari teman orang Jepang untuk latihan berbicara. Cara lainnya, kamu juga bisa latihan berbicara dengan menirukan dialog drama. 

Di sini, kamu bisa mempelajari intonasi pengucapan suatu kata juga. Meskipun intonasi tidak begitu ditekankan dalam Bahasa Jepang, tetapi hal ini penting karena terkadang ada satu kata yang memiliki bunyi yang sama namun memiliki makna berbeda sesuai dengan intonasinya.

 

6. Menulis buku harian dengan Bahasa Jepang

 

Menuliskan hal yang terjadi di dalam buku harian dalam Bahasa Jepang bisa menjadi salah satu cara untuk melatih pola kalimat dan cara tulis. Hal ini bisa menjadi latihan bahasa yang bagus bila kamu menulisnya setiap hari.

 

7. Melatih cara pikir kamu seperti orang Jepang

 

Untuk meningkatkan kemampuan bahasa agar selevel dengan native speaker, kita perlu memahami cara pemikiran atau kebudayaan dari negara tersebut. Dengan begitu kita bisa memberikan respon yang alami di dalam suatu percakapan.

Provided by Karaksa Media Partner (19 Juni 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR