Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

7 Tips Belajar Bahasa Jepang

Kompas.com - 8/Aug/2019, 18:34 WIB
ILUSTRASI
ILUSTRASI

OhayoJepang - Mempelajari bahasa asing terutama Bahasa Jepang bukanlah hal yang mudah. Selain harus mempelajari huruf kanji, kita juga harus tau cara pengucapan huruf itu dengan benar. Namun bila kita sudah suka dengan bahasa itu sendiri, mempelajari bahasa bisa lebih menyenangkan. 

Berikut tips yang mungkin bisa membantu kamu saat mempelajari bahasa Jepang. 

1. Mulailah dengan mempelajari huruf Hiragana dan Katakana

Huruf Hiragana dan Katakana merupakan huruf yang wajib dipelajari untuk menguasai kemampuan dasar Bahasa Jepang. Huruf ini masing-masing berjumlah 46. Untuk mengingat huruf ini, sebaiknya lakukan latihan tulis sebanyak mungkin sambil terus berlatih membacanya. Beli kertas tabel berisi huruf Hiragana dan Katakana. Lalu tempel di tempat yang mudah dilihat. Hal ini bisa menjadi cara untuk mengingat huruf ini. 

2. Carilah buku yang sesuai dengan cara belajar kamu

Pemilihan buku pelajaran pun merupakan hal yang paling penting dalam mempelajari Bahasa Jepang. Saat ini ada banyak buku pelajaran Bahasa Jepang dengan bentuk yang berbeda-beda. Sebaiknya baca dan lihat bentuk buku pelajaran tersebut. Lalu pilih buku yang mudah kamu mengerti.

Buku pelajaran Bahasa Jepang ini biasanya dibagi ke dalam beberapa bagian, seperti buku khusus untuk mempelajari huruf, buku tata bahasa, dan buku latihan. Sebaiknya kamu memiliki ketiga jenis buku agar bisa mempelajari bahasa Jepang dengan lengkap.

3. Tambahkan Bahasa Jepang ke dalam rutinitas sehari-hari kamu

Cara penambahan bahasa ini bisa bermacam-macam, cara yang paling sederhana adalah dengan menempel tabel huruf Jepang atau kata-kata dengan tulisan Jepang di sekitar kamar. 

Selain itu, bila kamu telah menyukai anime, komik, atau drama Jepang sebagai hobi. Kamu bisa menggunakan hal ini sebagai salah satu cara pembelajaran harian, kamu bisa mendengar kosakata ataupun bentuk kalimat yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari pada anime, komik, ataupun drama. Dengan melihat atau membaca Bahasa Jepang setiap hari, kemampuan mendengar dan membaca kamu pun akan meningkat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.