Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tinggal di Jepang, Apa Perbedaan Apartemen dan Mansion di Jepang?

Kompas.com - 6/Aug/2019, 11:28 WIB
ILUSTRASI - Tempat tinggal di Jepang
ILUSTRASI - Tempat tinggal di Jepang

OhayoJepang - Di Jepang, ada berbagai macam apartemen dan mansion. Keduanya sama-sama jenis tempat tinggal yang menempati suatu gedung. Mansion di Jepang jika di Indonesia sama saja dengan apartemen. 

Kondisinya seperti istilah apartemen dan kondominium di Indonesia yang mirip tetapi sebenarnya berbeda. Tidak ada definisi yang jelas untuk membedakan apartemen dan mansion di Jepang sehingga kerap susah untuk merujuk dengan pasti mana yang apartemen dan mana yang mansion. 

Namun, citra apartemen dan mansion di Jepang biasanya digambarkan sebagai berikut:

 

Apartemen

Mansion

Struktur Bangunan

Kayu atau baja ringan

Beton atau beton bertulang

Jumlah lantai

Maksimal dua lantai

Lebih dari tiga lantai

Fasilitas yang tersedia

Tangga sederhana, kadang lift

Harus tersedia lift, pintu utama dengan kunci otomatis

Biaya sewa

Harganya lebih murah dari pada Mansion

Harganya lebih mahal dari pada Apartemen

Struktur gedung

Mansion dipandang lebih modern dibanding apartemen, karena itu dibangun dengan struktur beton atau beton bertulang. Apartemen biasanya terbuat dari kayu atau baja ringan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. 

Bangunan beton membuat kamar lebih hangat karena udara dingin saat musim dingin tidak bisa masuk ke dalam. Selain itu, beton juga membuat kamar lebih kedap suara. Sementara itu, struktur kayu apartemen membuat kamar lebih bernafas sehingga akan terasa lebih dingin saat musim dingin, dan suara dari kamar lain lebih terdengar.

Jumlah lantai

Mansion dibangun dengan struktur yang lebih kuat sehingga bisa terdiri dari beberapa lantai. Sedangkan, apartemen hanya boleh terdiri dari dua lantai sesuai dengan regulasi mitigasi bencana gempa bumi. 

Fasilitas yang berbeda

Mansion memiliki lantai lebih banyak, biasanya tersedia lift, dan pintu utama (dengan sistem keamanan kunci otomatis yang sudah terpasang). Beberapa apartemen juga memiliki lift, tetapi apartemen kabanyakan hanya tersedia tangga. Selain itu, sebagian besar mansion memiliki area bersama untuk pemilahan sampah yang berada di dalam area gedung, sedangkan apartemen biasanya tidak ada.

Biaya sewa

Umumnya, biaya sewa mansion memiliki kesan lebih mahal dibanding apartemen. Namun kenyataannya, ada pula mansion dengan biaya sewa murah dan apartemen dengan biaya sewa yang mahal.

Gedung terbuat dari beton atau beton bertulang tentu saja lebih mahal daripada gedung dari kayu. Namun selain itu, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi harga sewa. Misalnya, mansion yang kecil tetapi di tengah pusat kota, biaya sewanya lebih mahal dibanding apartemen yang lebih luas tetapi berlokasi di pinggiran kota. 

Bisa juga, ukuran apartemen dan mansion yang sama tetapi memiliki harga sewa yang berbeda karena tergantung lokasinya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi harga sewa, jadi pastikan memilih sesuai kebutuhan kamu. 

Provided by Karaksa Media Partner (17 Juni 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR