Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Berminat Kerja di Jepang? Baca Dulu Panduan Berikut..

Kompas.com - 2/Aug/2019, 22:45 WIB
ILUSTRASI - Pekerja di Jepang
ILUSTRASI - Pekerja di Jepang

OhayoJepang - Belakangan bekerja di luar negeri menjadi semakin mudah dilakukan, karena semakin banyak negara yang terbuka untuk pekerja asing, begitu pula Jepang. Negeri sakura ini sebenarnya memiliki banyak jenis visa untuk pekerja asing. Belakangan, visa untuk pekerja asing makin beragam dan memudahkan orang asing, termasuk orang Indonesia, untuk menetap dan bekerja di Jepang.

Tertarik untuk memulai karir di Jepang? Berikut beberapa pengetahuan dan panduan dasar untuk orang asing yang ingin bekerja di Jepang.

Mau Bekerja di Jepang? Kenali Jenis-jenis Visa Jepang

Jika kamu tertarik untuk bekerja dan menetap di Jepang, berikut kami berikan daftar jenis visa kerja yang saat ini dikeluarkan oleh pemerintah Jepang. Ulasan lebih lengkap klik: Jenis Visa Jepang.

Aspek Hukum yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Bekerja di Jepang

Saat memulai bekerja di negara lain, kita tentu perlu mengurus berbagai keperluan secara hukum. Pengurusan hukum di Jepang terutama untuk bekerja di Jepang, bisa dibilang lebih ketat dari negara lainnya. Ada banyak peraturan dan hukum yang mengikat segala bidang di Jepang. Berikut beberapa langkah awal yang perlu diketahui bila kamu bekerja di Jepang, klik artikel: Aspek Hukum Bekerja di Jepang.

Penasaran Seperti Apa Slip Gaji Jika Bekerja di Jepang?

Salah satu hal terpenting saat melakukan pekerjaan adalah mendapatkan upah, terutama jumlah upah yang bisa dibawa pulang. Begitu pula di Jepang. Secara umum, hal yang akan dipotong secara otomatis dari gaji kotor yang diterima adalah pajak penghasilan dan asuransi kesehatan.

Di sini kami memberikan contoh gaji seorang karyawan swasta yang bernilai 200.000 yen per bulan. Dalam penghitungan ini, kami tidak memasukkan tunjangan selain transportasi. Berikut rincian pengeluaran biaya yang dikurangi dari gaji per bulan, klik artikel: Slip Gaji di Jepang.

Seperti Apakah Kegiatan Sehari-hari Karyawan Swasta di Jepang?

Apa yang ada di pikiran kamu ketika mendengar kata “Salary-man”? Kata ini sebenarnya sebuah kata dalam Bahasa Inggris yang dibuat oleh orang Jepang untuk merujuk pada pria pekerja kantoran. Salary-man ini sendiri memiliki kesan seseorang yang selalu mengenakan setelan jas, pekerja keras, dan banyak lembur. Seperti apa kegiatan rutin mereka? Klik artikel: Kegiatan Karyawan Swasta di Jepang.

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.