Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tips dan Trik Tinggal di Jepang

Kompas.com - 31/Jul/2019, 20:48 WIB
Tokyo Tower
Tokyo Tower

OhayoJepang - Tinggal di luar negara merupakan sebuah tantangan tersendiri, terutama di negara yang memiliki tradisi dan bahasa yang unik seperti Jepang. Tidak hanya perlu mempelajari bahasanya, kita juga perlu beradaptasi dengan mengikuti budaya dan tradisi negara tersebut. Pindah ke negara luar akan terasa seperti pengulangan hidup, karena untuk terbiasa dengan negara tersebut diperlukan waktu dan kerja keras sampai terbiasa.

Kami akan membagikan mengenai berbagai tips dan trik untuk orang asing yang akan ataupun sudah tinggal di Jepang dari pengalaman penulis OhayoJepang yang tinggal di negara ini. Artikel tips dan trik ini akan dibagi ke dalam topik berikut: 

Pertokoan 

Mungkin kamu pernah membaca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa biaya tinggal di Jepang sangatlah tinggi. Hal ini tidak salah karena biaya tenaga kerja yang tinggi dan penjagaan kualitas produk yang dibuat di negara ini sangatlah tinggi. Produk dengan label “made in Japan” memang terkenal mahal, tetapi bila kita tinggal di Jepang, ada banyak cara untuk menghemat pengeluaran, karena kita bisa memenuhi kebutuhan dengan berbelanja di toko 100 yen, toko barang bekas, toko grosir atau diskon, dan masih banyak tempat lainnya.

Barang Perlengkapan Rumah Tangga

Di Jepang, jumlah toko perabot dan peralatan rumah jumlahnya sangatlah banyak serta tersebar di mana-mana. Jenisnya juga beragam mulai dari kelengkapan harian, barang keperluan gaya hidup sampai dengan barang untuk kepentingan DIY (do it yourself). Tidak hanya itu, produk perlengkapan rumah tangga di negara ini juga terus dikembangkan menjadi lebih praktis karena menyesuaikan kebutuhan rumah Jepang yang sempit, barang tipe ini dikenal dengan “benri-goods

Makanan

Untuk tips sehubungan dengan makanan, kami akan memperkenalkan beberapa bumbu, toko sayuran segar murah, hingga restoran sushi dengan harga terjangkau. Semua ini dikemas dari pengalaman orang asing yang telah menetap bertahun-tahun di Jepang.

Provided by Karaksa Media Partner (5 Juli 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR