Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tinggal di Jepang? Ini Cara Membuat Rekening Bank di Jepang

Kompas.com - 31/Jul/2019, 20:29 WIB
ILUSTRASI
ILUSTRASI

OhayoJepang - Rekening bank Jepang merupakan kebutuhan yang penting bila kamu ingin tinggal di negara ini. Rekening ini tidak hanya dibutuhkan untuk melakukan transaksi finansial seperti mengirim uang ke orangtua di negara asal, tetapi juga untuk menerima uang berupa gaji ataupun uang beasiswa. 

Selain itu, rekening ini pun dapat digunakan sebagai alat pembayaran kebutuhan hidup sehari-hari seperti listrik, air, dan gas. Dalam artikel ini kami akan membahas cara membuat rekening bank di Jepang. 

Persyaratan utama bagi orang asing yang ingin membuka rekening bank di Jepang adalah masa tinggal. Hanya orang asing dengan masa tinggal lebih dari enam bulan yang bisa membuka rekening bank di Jepang. Berikut beberapa hal yang kamu perlukan:

1. Kartu Identitas Diri

Kartu identitas diri ini bisa berupa residence card (kartu bukti tinggal), kartu asuransi kesehatan, ataupun paspor.

2. Surat yang Menerangkan Alamat Tinggal Saat Ini 

Kamu tidak perlu mengurus surat keterangan khusus tempat tinggal karena biasanya alamat tempat tinggal akan tertulis juga di bagian belakang residence card (kartu bukti tinggal).   

3. Cap Nama (Inkan)

Cap nama ini dibutuhkan untuk pembuatan berbagai macam dokumen resmi sebagai pengganti tanda tangan. Meskipun akhir-akhir ini di beberapa bank telah diperbolehkan untuk membuat rekening hanya dengan tanda tangan, kami sarankan kamu untuk membawa inkan saat pembuatan rekening. 

4. Uang Deposit

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.