Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Salon dan Perawatan Diri Selama di Jepang, Ini Panduannya...

Kompas.com - 31/Jul/2019, 18:35 WIB
Salon
Salon

OhayoJepang - Menjaga dan merawat penampilan diri merupakan salah satu aspek penting saat menetap di Jepang. Orang Jepang biasanya sangat memperhatikan penampilan dan tingkah laku mereka. Jadi, ada banyak pilihan layanan perawatan diri di Jepang. Berikut di antaranya:

1. Salon

Jepang memiliki jumlah salon untuk rambut paling banyak jika dibanding tempat layanan perawatan tubuh lainnya, karena biasanya orang Jepang akan mengubah model atau warna rambut mereka sesuai musim. Beberapa salon memiliki spesialisasi tertentu, misalnya salon khusus laki-laki atau khusus untuk perempuan. 

Layanan yang mereka tawarkan sebenarnya sama saja, seperti potong rambut, pewarnaan, keriting permanen, pelurusan rambut, spa, dan perawatan rambut. Namun servis-servis kecil untuk kenyamanan pengguna seperti menyediakan bantal peluk pada saat pengguntingan rambut, mungkin akan berbeda dari Indonesia. Coba rasakan pengalaman pergi ke salon rambut saat kamu tinggal di Jepang untuk mengetahuinya. 

2. Fitness (Pusat Kebugaran)

Perawatan tubuh tidak lengkap tanpa kunjungan ke pusat kebugaran. Jepang memiliki banyak pilihan pusat kebugaran, mulai dari kelas yoga, kelas tari, kelas tinju, dan lainnya, tergantung dari merek pusat kebugaran. 

Fitness
Fitness

Beberapa gym memiliki beragam jenis mesin yang bisa dicoba. Bahkan, beberapa tempat juga menyediakan kolam renang yang bisa kamu gunakan sepanjang tahun. Jika kamu merasa tidak punya cukup waktu, tenang saja karena ada banyak gym di Jepang yang buka selama 24 jam!

3. Suplemen 

Suplemen bisa memberikan tambahan bagi kekurangan nutrisi dibutuhkan tubuh. Misalnya vitamin, mineral, asam amino, asam lemak esensial, dan nutrisi lainnya. Suplemen nutrisi di Jepang hadir dalam bentuk pil, tablet, kapsul, cairan, jeli, dan lainnya. Kamu bisa membelinya di minimarket maupun toko obat. 

Suplemen
Suplemen

Asupan suplemen memang merupakan salah satu cara merawat tubuh. Namun hal terpenting adalah makan makanan alami yang bergizi. 

4. Pijat Kesehatan

Pijat untuk Relaksasi

Pergi ke salon pijat setelah lelah bekerja merupakan salah satu cara relaksasi. Ada banyak layanan untuk relaksasi pemijatan seperti pijat aromaterapi, pijat minyak, pijat wajah, dan lainnya. Apalagi dipadukan dengan layanan kelas dunia khas Jepang, kamu akan benar-benar merasa rileks. 

Pijat relaksasi
Pijat relaksasi

Pijat untuk Pengobatan

Selain pijat relaksasi, ada pula pijat untuk pengobatan seperti pijat chiropractic, pijat acupressure, dan klinik osteopathic yang menawarkan harga terjangkau untuk sebuah sesi pemijatan. Biasanya kita bisa menggunakan asuransi kesehatan pada saat menggunakan servis pijat untuk pengobatan ini.  

5. Kacamata dan Lensa Kontak

Kacamata atau lensa kontak dibutuhkan bagi orang-orang yang memiliki masalah penglihatan. Ada beragam jenis lensa yang bisa kamu pilih. 

Jika kamu membutuhkan lensa kontak selama berada di Jepang, kamu memerlukan resep dokter untuk bisa membelinya. Hal ini sebenarnya tidak diatur secara hukum tetapi sebagian besar toko tidak akan menjual lensa kontak jika tidak disertai resep dari dokter. 

Kacamata
Kacamata

Ada banyak perawatan tubuh yang bisa dilakukan di Jepang, seperti waxing yang akhir-akhir ini juga oleh booming di kalangan laki-laki Jepang. Ada juga servis extension untuk bulu mata atau alis yang banyak dilakukan oleh perempuan untuk memperpendek waktu make-up

Terakhir, perawatan tubuh berupa penggunaan skin-care dan kosmetik. Perawatan ini sangatlah penting, karena perubahan cuaca di setiap musim akan merusak kulit, rambut atau bagian lainnya bila tidak dirawat dengan baik. 

Provided by Karaksa Media Partner (5 Juli 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR