Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

7 Festival Musim Panas Paling Terkenal di Tokyo!

Kompas.com - 6/Jul/2019, 17:01 WIB
Harajuku Omotesando Genki Festival Super Yosakoi
Harajuku Omotesando Genki Festival Super Yosakoi

OhayoJepang - Bunyi taiko (gendang tradisional Jepang) terdengar nyaring hingga kios-kios makanan khas festival yang berjajar. Festival musim panas telah telah tiba. Kali ini kami akan memperkenalkan tujuh festival musim panas tahunan yang sangat meriah di Tokyo. 

Kami memuat daftar berbagai macam festival musim panas mulai dari acara tarian tradisional dari berbagai tempat di seluruh Jepang yang dapat dinikmati di Tokyo, kompetisi bon-odori (salah satu tarian tradisional Jepang), noryo matsuri (festival musim panas yang diadakan pada malam hari), festival tanabata, hingga hozuki ichi (pasar bunga lampion). Mari kita saksikan festival musim panas di Tokyo yang penuh dengan keunikan!

Shinjuku Eisa Festival

Shinjuku Eisa Festival
Shinjuku Eisa Festival

“Shinjuku Eisa Festival” merupakan festival yang mempertontonkan “eisa”, sebuah tarian tradisional bon dari Okinawa yang digelar di pusat jalan Shinjuku. Kita bisa menikmati tarian yang unik dari berbagai tim eisa yang datang dari berbagai daerah di Jepang dalam acara ini.

Acara yang mulai diselenggarakan pada tahun 2001 ini diikuti oleh 20 tim lebih dengan jumlah penonton yang mencapai 1 juta orang pada beberapa tahun terakhir. Festival tahun ini yang merupakan festival yang ke-19, akan diadakan pada tanggal 27 Juli 2019.

Tokyo Koenji Awa Odori

Tokyo Koenji Awa Odori
Tokyo Koenji Awa Odori

“Tokyo Koenji Awa Odori” yang mulai diadakan pada tahun 1957 ini sekarang dikenal sebagai tradisi yang mewakili musim panas di Tokyo. Pada tahun 2018, jumlah penontonnya mencapai 930.000 orang. Pengunjung akan dihibur dengan tarian yang dikemas dengan menarik dipadukan dengan alunan irama yang lincah. Tahun ini festival ke-63 akan diselenggarakan pada tanggal 24 dan 25 Agustus 2019. Dalam 2 hari akan ada 165 grup yang akan ikut serta dalam festival ini.

Harajuku Omotesando Genki Festival Super Yosakoi

Harajuku Omotesando Genki Festival Super Yosakoi
Harajuku Omotesando Genki Festival Super Yosakoi

Setiap tahunnya Festival Yosakoi berskala besar yang diadakan di dalam kota ini diikuti oleh sekitar 100 tim. Festival ini merupakan acara yang populer karena kita dapat menikmati tarian Yosakoi yang berasal dari Kochi di area Harajuku, Tokyo.

Tahun lalu terdapat 107 tim yang ikut serta dan sekitar 800.000 penonton datang untuk menyaksikan acara ini. Tahun ini festival ini akan diadakan pada tanggal 24 dan 25 Agustus 2019. Bila kamu berkesempatan datang ke acara ini, pastikan untuk menyaksikan tarian yang penuh semangat dengan gerakan yang sangat khas dalam festival ini.

Asagaya Tanabata Festival

Asagaya Tanabata Festival
Asagaya Tanabata Festival

Festival Tanabata yang memiliki sejarah 60 tahun lebih ini diadakan oleh perhimpunan 8 pusat pertokoan yang ada di sekitar Stasiun JR Asagaya. Dekorasi raksasa yang terbuat dari kertas menghiasi arcade (jalan beratap) dengan panjang 700 meter. 

Terdapat berbagai macam motif dekorasi seperti karakter terkenal, karakter setempat dan sejenisnya dengan desain yang berwarna-warni. Selain itu, dihiasi pula dengan pita-pita berwarna terang dan lampion sehingga membuat suasana tanabata semakin meriah. Salah satu hal yang bisa dinikmati pada saat festival ini adalah kios makanan dan minuman seperti takoyaki dan es serut. Tahun ini festival ke-66 akan diselenggarakan pada 3 sampai  7 Agustus 2019. 

Shimanrokusennichi Hozuki Ichi

Shimanrokusennichi Hozuki Ichi
Shimanrokusennichi Hozuki Ichi

Acara terkenal di Kuil Sensoji yang dimulai sejak zaman Edo ini diadakan tiap tahunnya pada 9 dan 10 Juli. Jika kamu berkunjung ke Kuil Asakusa Kannon untuk berdoa pada tanggal tersebut akan mendapatkan pahala sama besarnya dengan jumlah kunjungan 46.000 hari doa. Oleh karena itu, setiap tahun tempat ini dipadati oleh banyak orang dari berbagai wilayah di seluruh Jepang yang berkunjung untuk berdoa.

Pada hari tersebut berjajar banyak kios yang menjual tanaman Hoozuki (sejenis pohon ciplukan) di depan kuil Sensoji. Pemandangan ini sangat mirip dengan nuansa di zaman Edo. Tidak hanya penjual tanaman hoozuki, ada banyak juga kios yang menjual makanan.   

 Azabu Juban Noryo Festival

Azabu Juban Noryo Festival
Azabu Juban Noryo Festival

Noryo Festival ini merupakan festival musim panas yang diadakan oleh pertokoan di Azabu. Festival ini dikunjungi oleh sekitar 300.000 orang selama dua hari. Berbagai macam makanan khas festival yang dijual merupakan daya tarik utama festival ini.

Restoran tua dan restoran jajanan pasar yang terkenal di area pertokoan juga membuka booth pada saat festival sehingga pengunjung bisa menikmati rasa makanannya dengan mudah. Tidak hanya itu, kita juga bisa menikmati berbagai macam makanan lokal dari berbagai wilayah di Jepang. 

Setiap tahun diadakan juga pertunjukan di panggung seperti pertunjukkan musik dan sebagainya. Tahun ini festival ini akan diadakan pada tanggal 24 dan 25 Agustus 2019. 

Tsukiji Honganji Temple Noryo Bon Odori Festival

Tsukiji Honganji Temple Noryo Bon Odori Festival
Tsukiji Honganji Temple Noryo Bon Odori Festival

Festival ini merupakan festival tarian bon terbesar di Tokyo. Pada saat festival, yagura (panggung kecil yang biasanya ada di tengah-tengah area tarian bon dan di atasnya ada taiko) dipasang di halaman Kuil Honganji yang terletak di Tsukiji.

Setiap tahun festival ini dipenuhi oleh sekitar 70.000 pengunjung. Tidak hanya itu, digelar pula pertunjukan “Oedo Sukeroku Taiko” yang terkenal dengan iramanya yang lincah dan ekspresinya yang akrobatik serta lomba kostum. 

Pada saat festival,  restoran-restoran terkenal yang ada di bagian luar pasar Tsukiji juga ikut serta membuka warung, sehingga festival ini juga dikenal sebagai “festival tarian bon terenak di Jepang”. Tahun ini festival ini diadakan pada 31 Juli sampai 3 Agustus 2019. 

Provided by Japan Walker™, Tokyo Walker™ (13 Juni 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR