Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Liburan Musim Panas Penuh Warna di Jepang, Kunjungi 10 Festival Tanabata Ini

Kompas.com - 7/Jul/2019, 16:53 WIB
Mobara Tanabata Festival (Kota Mobara, Prefektur Chiba)
Mobara Tanabata Festival (Kota Mobara, Prefektur Chiba)

OhayoJepang - Festival Tanabata merupakan perayaan di Jepang yang dikenal sebagai hari pertemuan Orihime dan Hikoboshi. Legenda menyebutkan sepasang kekasih ini terpisah oleh galaksi Bima Sakti dan diizinkan bertemu hanya sekali dalam setahun. 

(BACA: Tanabata Festival, Legenda Sepasang Kekasih yang Dipisahkan Bimasakti)

Hiasan Tanabata biasanya berupa kertas berisi permohonan yang digantung di rumput bambu dan fukinagashi (potongan pita yang disusun membentuk silinder). Namun, banyak juga festival Tanabata yang memiliki ciri khas tradisi tersendiri yang unik. Kali ini kami akan memperkenalkan 10 festival Tanabata yang meriah di seluruh Jepang.

Sendai Tanabata Festival (Kota Sendai, Prefektur Miyagi)

Sendai Tanabata Festival (Kota Sendai, Prefektur Miyagi)
Sendai Tanabata Festival (Kota Sendai, Prefektur Miyagi)

Festival ini merupakan salah satu dari tiga Festival Tanabata terbesar di Jepang. Tahun ini, festival diselenggarakan mulai dari tanggal 6 sampai 8 Agustus 2019. Sebenarnya di seluruh Jepang, Festival Tanabata diadakan pada tanggal 7 Juli berdasarkan kalender lunar kuno. Namun Festival Tanabata di Sendai menggunakan kalender tengah yaitu dengan menambahkan 1 bulan ke kalender baru, sehingga festival diselenggarakan dari tanggal 6 sampai 8 Agustus. 

Dari Stasiun Sendai hingga sepanjang kawasan arcade (jalan beratap di antara pertokoan) di Chuo-dori dan Ichibancho-dori terpasang hiasan Tanabata yang cantik. Kita juga dapat menyaksikan hiasan Tanabata yang sederhana dan berkesan kuno di kawasan sekitar shopping street. Setiap tahunnya, sekitar 2 juta lebih wisatawan berkunjung untuk menyaksikan festival ini. Festival ini dikenal sebagai Festival Tanabata berskala terbesar di Jepang.

Shonan Hiratsuka Tanabata Festival (Kota Hiratsuka, Prefektur Kanagawa)

Shonan Hiratsuka Tanabata Festival (Kota Hiratsuka, Prefektur Kanagawa)
Shonan Hiratsuka Tanabata Festival (Kota Hiratsuka, Prefektur Kanagawa)

Festival Tanabata di Kota Hiratsuka, Prefektur Kanagawa ini termasuk salah satu dari tiga  Festival Tanabata terbesar di Jepang. Tahun ini, festival ini diadakan dari tanggal 5 sampai 7 Juli 2019 di seluruh area kota yang berpusat di area shopping street stasiun JR Hiratsuka pintu utara. 

Di pusat kota terdapat sekitar 500 buah hiasan tanabata yang berwarna-warni. Di “Shonan Starmall” yang menjadi tempat utama penyelenggaraan festival ini, terdapat hiasan-hiasan cantik dan mewah yang menyambut kedatangan para pengunjung. 

Salah satu hal yang menarik untuk disaksikan adalah hiasan-hiasan Tanabata yang menggunakan tokoh-tokoh yang sedang populer saat ini seperti atlet olahraga, karakter komik, dan sebagainya. Selain itu, digelar pula parade, acara panggung, dan kios-kios penjaja makanan yang ikut serta dalam festival ini.

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.