Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tips Menghemat Uang Saat "Shopping" di Jepang

Kompas.com - 9/Jul/2019, 10:14 WIB
ILUSTRASI - Belanja
Lihat Foto
ILUSTRASI - Belanja

OhayoJepang - Jika kerap bepergian ke Jepang, mungkin kamu menyadari biaya hidup di negara ini lumayan mahal. Bisa jadi saat berbelanja baju atau barang suvenir, kamu mengeluarkan uang lebih banyak dibanding perkiraan sebelumnya. 

Salah satu cara agar bisa menghemat uang belanja adalah untuk mencari promo diskon yang kerap diadakan pada waktu-waktu tertentu setiap tahunnya. Pada artikel berikut ini, kami akan bagikan tips kapan dan barang apa yang sebaiknya kamu beli untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Selamat berbelanja! 

Kalender Diskon

ILUSTRASI - Sale
ILUSTRASI - Sale

Bulan Musim Acara Masa Diskon
Baju, Tas, dan Aksesoris Barang elektronik Furnitur
Jan Musim Dingin Tahun Baru Tahun Baru Pesta Diskon  
Feb Hari Valentine      
Mar Musim Semi Hinamatsuri White Day  Periode Akhir Tahun Fiskal      
Apr Awal Tahun Ajaran Baru Sekolah Musim padat orang-orang pindah rumah      
Mei Golden Week Hari anak Hari Ibu      
Jun Musim panas Hari Ayah      
Jul Tanabata Musim panas Pesta diskon  
Agust Obon Ochugen      
Sep Musim gugur Respect for the Aged Day Silver Week      
Okt Hari Olahraga  Halloween      
Nov Labor Thanksgiving Day      
Des Musim dingin Natal Akhir Tahun Oseibo      

(BACA: Ini Daftar Hari Libur Nasional Jepang, Penting untuk Rencanakan Kunjungan ke Jepang)

Baju, Tas, dan Aksesoris 

Ada dua musim diskon di Jepang dalam satu tahun yaitu diskon busana musim dingin pada bulan Januari dan busana musim panas pada bulan Juli. Program diskon biasanya diadakan setelah orang-orang mendapatkan bonus dari perusahaan tempat bekerja. Pekerja di Jepang biasanya mendapatkan bonus dari perusahaan sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Desember dan Juni. 

Sebagian besar merek busana akan ikut program diskon tetapi dengan cara yang berbeda-beda. Beberapa toko juga mengadakan pra-penjualan berdiskon, jadi ada baiknya mengecek periode diskon dari merek Jepang favorit kamu. 

Promo diskon musim dingin biasanya diselenggarakan dalam skala lebih besar karena berlangsung pada pertengahan liburan Tahun Baru. Apalagi busana musim dingin harganya lebih mahal daripada busana musim panas. 

Pada musim inilah toko-toko menyiapkan fukubukuro. Fukubukuro adalah tas keberuntungan berisi aneka barang yang isinya tidak bisa dipilih maupun dilihat. Harga fukubukuro ini dijual dengan harga sudah didiskon. 

Selain itu, anak-anak Jepang mendapatkan otoshidama, semacam angpao atau amplop berisi uang yang diberikan orangtua dan kerabat pada awal tahun ini. Uang ini kerap dipakai untuk berbelanja. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.