Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tips Menghemat Uang Saat "Shopping" di Jepang

Kompas.com - 9/Jul/2019, 10:14 WIB
ILUSTRASI - Belanja
ILUSTRASI - Belanja

OhayoJepang - Jika kerap bepergian ke Jepang, mungkin kamu menyadari biaya hidup di negara ini lumayan mahal. Bisa jadi saat berbelanja baju atau barang suvenir, kamu mengeluarkan uang lebih banyak dibanding perkiraan sebelumnya. 

Salah satu cara agar bisa menghemat uang belanja adalah untuk mencari promo diskon yang kerap diadakan pada waktu-waktu tertentu setiap tahunnya. Pada artikel berikut ini, kami akan bagikan tips kapan dan barang apa yang sebaiknya kamu beli untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Selamat berbelanja! 

Kalender Diskon

ILUSTRASI - Sale
ILUSTRASI - Sale

Bulan

Musim

Acara

Masa Diskon

Baju, Tas, dan Aksesoris

Barang elektronik

Furnitur

Jan

Musim Dingin

Tahun Baru

Tahun Baru

Pesta Diskon

 

Feb

Hari Valentine

     

Mar

Musim Semi

Hinamatsuri

White Day 

Periode Akhir Tahun Fiskal

     

Apr

Awal Tahun Ajaran Baru Sekolah

Musim padat orang-orang pindah rumah

     

Mei

Golden Week

Hari anak

Hari Ibu

     

Jun

Musim panas

Hari Ayah

     

Jul

Tanabata

Musim panas

Pesta diskon

 

Agust

Obon

Ochugen

     

Sep

Musim gugur

Respect for the Aged Day

Silver Week

     

Okt

Hari Olahraga 

Halloween

     

Nov

Labor Thanksgiving Day

     

Des

Musim dingin

Natal

Akhir Tahun

Oseibo

     

(BACA: Ini Daftar Hari Libur Nasional Jepang, Penting untuk Rencanakan Kunjungan ke Jepang)

Baju, Tas, dan Aksesoris 

Ada dua musim diskon di Jepang dalam satu tahun yaitu diskon busana musim dingin pada bulan Januari dan busana musim panas pada bulan Juli. Program diskon biasanya diadakan setelah orang-orang mendapatkan bonus dari perusahaan tempat bekerja. Pekerja di Jepang biasanya mendapatkan bonus dari perusahaan sebanyak dua kali dalam setahun yaitu bulan Desember dan Juni. 

Sebagian besar merek busana akan ikut program diskon tetapi dengan cara yang berbeda-beda. Beberapa toko juga mengadakan pra-penjualan berdiskon, jadi ada baiknya mengecek periode diskon dari merek Jepang favorit kamu. 

Promo diskon musim dingin biasanya diselenggarakan dalam skala lebih besar karena berlangsung pada pertengahan liburan Tahun Baru. Apalagi busana musim dingin harganya lebih mahal daripada busana musim panas. 

Pada musim inilah toko-toko menyiapkan fukubukuro. Fukubukuro adalah tas keberuntungan berisi aneka barang yang isinya tidak bisa dipilih maupun dilihat. Harga fukubukuro ini dijual dengan harga sudah didiskon. 

Selain itu, anak-anak Jepang mendapatkan otoshidama, semacam angpao atau amplop berisi uang yang diberikan orangtua dan kerabat pada awal tahun ini. Uang ini kerap dipakai untuk berbelanja. 

Barang elektronik

Barang elektronik biasanya didiskon selama periode Tahun Baru. Tambahan lagi, banyak toko ritel elektronik sengaja menahan program diskon mereka hingga akhir periode fiskal, yaitu bulan Februari sampai Maret dan Agustus sampai September. Juga patut diperhatikan bahwa model barang elektronik yang lama akan didiskon setiap model terbaru diluncurkan. 

Furnitur

Periode fiskal juga berhubungan dengan perusahaan furnitur. Itu artinya perusahaan furnitur juga mengadakan program diskon pada bulan Februari sampai Maret dan Agustus sampai September. 

Pada bulan Agustus dan September, biasnaya musim peluncuran model terbaru. Sementara itu, sekitar bulan Mei, atau setelah musim padat perpindahan rumah, persediaan barang yang tidak terjual akan didiskon. 

Jepang juga memberikan kamu pilihan lain tempat-tempat untuk membeli barang selain toko ritel, seperti:

Belanja online

ILUSTRASI - Belanja online
ILUSTRASI - Belanja online

Musim promo diskon belanja online di Jepang biasanya mengikuti kalender internasional. Pada bulan November, ada kampanye program diskon besar-besaran seperti diskon Jumat Hitam (Black Friday sale) setiap Jumat minggu keempat pada bulan November. 

Program diskon lainnya adalah Cyber Monday yang berlangsung pada hari Senin setelah hari libur Thanksgiving. Ada pula program Single Day China yang diadakan setiap 11 November. 

Situs belanja online raksasa di Jepang yaitu Rakuten, biasanya menyelenggarakan pesta diskon Rakuten Super Sale setiap tiga bulan, yaitu pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. 

Pasar lokal

Jika kamu menyukai baju-baju vintage, coba jelajahi pasar loak. Kamu bisa menemukan barang-barang bekas yang antik dengan kualitas baik serta barang-barang kerajinan tangan dengan desain serba menggemaskan. 

Musim padat orang-orang berbelanja di pasar loak biasanya pada bulan April sampai Mei dan November sampai Desember. Pasar loak lebih mudah ditemukan di area Kansai daripada Kanto.

Provided by Karaksa Media Partner  (14 Juni 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR