Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Inikah Rahasia untuk Mengalahkan Teriknya Musim Panas Jepang?

Kompas.com - 30/Jun/2019, 14:29 WIB
kakigori
kakigori

OhayoJepang - Salah satu cara paling populer di Jepang saat mengatasi panasnya musim panas adalah kakigori atau es serut. Kakigori adalah camilan berupa es serut yang disiram sirup manis. Kini kakigori hadir dalam beragam bentuk, mulai dari bentuk sederhana yaitu cukup disiram sirup sampai yang diberi topping aneka bahan.

Dengan banyaknya tempat makan yang menyediakan hidangan musim panas favorit ini, hanya beberapa yang benar-benar tampil menonjol. Salah satunya di Hotel New Otani Tokyo. Kamu bisa menemukan hidangan yang mereka klaim sebagai "es serut paling mewah". 

Satsuki Shaved Ice atau es serut Satsuki memadukan es alami Nikko dari Shogetsu Himuro dan bahan berkualitas tinggi lainnya yang dipakai pihak hotel. Shogetsu Himuro merupakan petani es alami terkenal di daerah  Nikko. Satsuki Shaved Ice tersedia sampai 30 September 2019. 

Hotel New Otani Tokyo
Hotel New Otani Tokyo

Apa yang membedakan hidangan es serut ini dengan yang lainnya adalah bahan es yang digunakan. Es alami yang digunakan berasal dari sumber mata air yang membeku secara alami di pegunungan. Es dari pegunungan ini kemudian diambil dan disimpan secara hati-hati dengan metode tradisional.

Pada saat pembuatan pun, es diserut dengan penuh keahlian hingga tercipta tekstur yang fluffy seperti permen kapas. Hasilnya adalah es serut yang begitu halus sehingga menghilangkan sensasi dingin berlebihan yang biasanya membuat seakan otak membeku. 

Satsuki Shaved Ice tersedia dalam lima rasa: 

Blancmange

Blancmange
Blancmange

Blancmange merupakan rasa yang diperkenalkan untuk tahun ini. Es serut ini menggunakan buah leci segar dan kuzumochi fermentasi dari kedai Funabashiya yang sudah beroperasi dalam waktu lama. Kuzumochi adalah manisan khas Jepang yang teksturnya seperti perpaduan antara agar-agar dan mochi

Selain itu, es serut ini juga diberi saus leci dan krim keju mascarpone yang kaya rasa. Rasa akhir dari es serut ini adalah sensasi creamy nan halus tetapi menyegarkan. Tak hanya itu, di atasnya diberi Red Rose Macaron dengan rasa bunga mawar. Rasa tersembunyi dari madu leci memberikan tambahan rasa dari es serut ini. 

Wasanbon

Wasanbon
Wasanbon

Di atas es serut Wasanbon ini terdapat shiratama (sejenis mochi), jeli yokan, dan air gula kuromitsu anko (pasta kacang dengan gula hitam) khas Jepang. Lalu disiram dengan wasanbon, saus gula tradisional khas Jepang. Rasa manis yang lembut dari gula wasanbon terasa kontras dengan garam Hingya, garam alami yang diproduksi di Aogashima.

Matcha

matcha
matcha

Saus matcha yang kaya rasa dan begitu harum, berpadu dengan jeli yokan dengan rasa menyegarkan. Inilah rasa yang dihasilkan dari varian es serut Matcha. Matcha dan kuromitsu (cairan gula hitam) juga begitu cocok. Kacang hitam tamba di es juga menimbulkan perbedaan tekstur yang nikmat di mulut. 

Melon

melon
melon

Potongan buah melon segar berbaris di bawah es serut. Lalu disiram jus melon asli yang kental di atas es. Tekstur seperti jeli dari konjac pun membuat sesi memakan es serut ini sebuah pengalaman yang menyenangkan.  

Ichigo

Ichigo
Ichigo

Saus Amaou terbuat 100 persen dari stroberi  (dalam bahasa Jepang “Ichigo”) segar Hakata Amaou® dari Fukuoka. Jeli konjac yang sederhana dicampur dengan es serut alami. Dalam hidangan ini tidak dipergunakan bahan krim, sehingga pecinta stroberi akan benar-benar menikmati rasa manis stroberi sepenuhnya. 

KATO’S DINING & BAR
New Otani Hotel Tokyo, Garden Court Ground Floor 
Es serut dijual pada pukul 14:00 sampai 16:30 
Nomor telepon: +81-3-3221-2857 

Artikel ini diambil dari https://prtimes.jp/ (situs hanya tersedia dalam bahasa Jepang)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR