Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Taman Wisata Bertema Moomin Ini Begitu Menggemaskan!

Kompas.com - 4/Jun/2019, 09:08 WIB
Taman Moominvalley Park
Taman Moominvalley Park

 

OhayoJepang - Taman Moominvalley Park dibuka di kota Hanno City, Saitama. Sebagian area taman wisata ini berada di Metsa, sedangkan area lainnya berlokasi di taman hiburan bertema Eropa, Metsa Village. Taman ini menampilkan kehidupan dunia Moomin dan dilengkapi beragam wahana berdasarkan kisah Moomin. Moomin merupakan tokoh yang keluar dari serangkaian novel dan buku cerita bergambar anak-anak buatan Tove Jansson bernama “Moomin Series”. Tokoh ini sangat terkenal di Jepang.

Berikut sedikit ulasan mengenai dunia imaji Moomin yang menakjubkan

Empat gerbang di Welcome Cove
Empat gerbang di Welcome Cove

Moominvalley park terbagi dalam empat area utama. The Welcome Cove, POUKAMA, merupakan area pintu masuk. Anda bisa menemukan beberapa gerbang yang diberi gambar karakter Moomin di area pintu masuk. Masih di area yang sama, Anda juga akan menemukan restoran yang menyajikan pancake lezat, serta toko oleh-oleh bernama Alku Kauppa.

 

Perlu pemesanan terlebih dahulu untuk mengikuti tur di dalam Moominhouse.
Perlu pemesanan terlebih dahulu untuk mengikuti tur di dalam Moominhouse.

Setelah melewati POUKAMA, Anda akan sampai di MOOMILAAKSO (Moominvalley), yang merupakan atraksi utama di taman ini. Area ini terdiri dari Emma Teatteri (Teater Emma), yaitu tempat Moomin dan karakter lainnya berinteraksi dengan pengunjung dalam sebuah pentas. Ada pula Moomitalo (Moominhouse), yang menampilkan kehidupan sehari-hari para karakter Moomin. Selain itu terdapat Merenhuiske (Oshun Oxtra Theatre), yang merupakan teater berbentuk kapal yang mengajak Anda merasakan petualangan Moominpappa.

Fasilitas pameran, KOKEMUS.
Fasilitas pameran, KOKEMUS.

Area ketiga merupakan galeri tiga lantai di sebelah Moomitalo bernama KOKEMUS (Ruang Pameranan). Ada pameran permanen yang ditampilkan di galeri ini. Pameran ini seakan menghidupkan kisah Moomin, dengan patung Moominvalley terbesar di dunia berdiri di ruang pameran. Patung ini memiliki tinggi lebih dari delapan meter.

Selain pameran permanen, ada juga pameran khusus yang hanya bisa dilihat dalam waktu terbatas. Salah satunya “Pameran Tove Jansson dan Moomin” yang merupakan pameran peringatan dibukanya Moominvalley Park. Pameran ini diadakan sampai Maret 2020.

Restoran Moomilaakso ruokala
Restoran Moomilaakso ruokala

Tambahan lagi, Moomilaakso Kauppa yang merupakan toko bertema Moomin terbesar di dunia dan toko utama dari taman wisata ini. Ada pula restoran Moomilaakso ruokala. Area ini merupakan pusat komersial di taman.

Osabishi Yama (dikenal juga sebagai “gunung yang kesepian”)
Osabishi Yama (dikenal juga sebagai “gunung yang kesepian”)

Saat menaiki lereng dari MOOMILAAKSO, pengunjung akan disambut area atletik, YKSINAISET VUORET (Gunung Kesepian). Area ini merupakan tempat yang tepat untuk menikmati beragam aktivitas fisik yang berhubungan dengan alam seperti naik rumah pohon di tempat bermain Hemulen’s Playground atau menjajal flying fox  Hobgoblin’s Zip Line di atas danau.

Agar bisa masuk ke Moominvalley Park, pengunjung harus melewati Metsa Village, yang merupakan zona tiket gratis. Area di sekitar Danau Miyazawa, yang berada di tengah Metsa, sangat luas. Perlu waktu 10 menit berjalan kaki dari pintu masuk Metsa Village menuju Moominvalley Park. Area ini selalu menjadi tempat favorit di antara penduduk lokal untuk berjalan-jalan dan hiking.

Juga diperlukan jalan kaki sekitar 10 menit dari POUKAMA ke Gunung yang Kesepian (Lonely Mountain). tidak ada jalan pintas di area taman dan tidak ada jalan setapak yang bersemen di Lonely Mountain. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan sepatu yang nyaman saat mengunjungi kawasan ini. Anda tidak harus menggunakan sepatu olahraga, tetapi sebaiknya hindari sepatu yang baru dibeli atau sepatu berhak tinggi, demi kenyamanan dan keamanan diri Anda sendiri.

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.