Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Taman Wisata Bertema Moomin Ini Begitu Menggemaskan!

Kompas.com - 4/Jun/2019, 09:08 WIB
Taman Moominvalley Park
Taman Moominvalley Park

 

OhayoJepang - Taman Moominvalley Park dibuka di kota Hanno City, Saitama. Sebagian area taman wisata ini berada di Metsa, sedangkan area lainnya berlokasi di taman hiburan bertema Eropa, Metsa Village. Taman ini menampilkan kehidupan dunia Moomin dan dilengkapi beragam wahana berdasarkan kisah Moomin. Moomin merupakan tokoh yang keluar dari serangkaian novel dan buku cerita bergambar anak-anak buatan Tove Jansson bernama “Moomin Series”. Tokoh ini sangat terkenal di Jepang.

Berikut sedikit ulasan mengenai dunia imaji Moomin yang menakjubkan

Empat gerbang di Welcome Cove
Empat gerbang di Welcome Cove

Moominvalley park terbagi dalam empat area utama. The Welcome Cove, POUKAMA, merupakan area pintu masuk. Anda bisa menemukan beberapa gerbang yang diberi gambar karakter Moomin di area pintu masuk. Masih di area yang sama, Anda juga akan menemukan restoran yang menyajikan pancake lezat, serta toko oleh-oleh bernama Alku Kauppa.

 

Perlu pemesanan terlebih dahulu untuk mengikuti tur di dalam Moominhouse.
Perlu pemesanan terlebih dahulu untuk mengikuti tur di dalam Moominhouse.

Setelah melewati POUKAMA, Anda akan sampai di MOOMILAAKSO (Moominvalley), yang merupakan atraksi utama di taman ini. Area ini terdiri dari Emma Teatteri (Teater Emma), yaitu tempat Moomin dan karakter lainnya berinteraksi dengan pengunjung dalam sebuah pentas. Ada pula Moomitalo (Moominhouse), yang menampilkan kehidupan sehari-hari para karakter Moomin. Selain itu terdapat Merenhuiske (Oshun Oxtra Theatre), yang merupakan teater berbentuk kapal yang mengajak Anda merasakan petualangan Moominpappa.

Fasilitas pameran, KOKEMUS.
Fasilitas pameran, KOKEMUS.

Area ketiga merupakan galeri tiga lantai di sebelah Moomitalo bernama KOKEMUS (Ruang Pameranan). Ada pameran permanen yang ditampilkan di galeri ini. Pameran ini seakan menghidupkan kisah Moomin, dengan patung Moominvalley terbesar di dunia berdiri di ruang pameran. Patung ini memiliki tinggi lebih dari delapan meter.

Selain pameran permanen, ada juga pameran khusus yang hanya bisa dilihat dalam waktu terbatas. Salah satunya “Pameran Tove Jansson dan Moomin” yang merupakan pameran peringatan dibukanya Moominvalley Park. Pameran ini diadakan sampai Maret 2020.

Restoran Moomilaakso ruokala
Restoran Moomilaakso ruokala

Tambahan lagi, Moomilaakso Kauppa yang merupakan toko bertema Moomin terbesar di dunia dan toko utama dari taman wisata ini. Ada pula restoran Moomilaakso ruokala. Area ini merupakan pusat komersial di taman.

Osabishi Yama (dikenal juga sebagai “gunung yang kesepian”)
Osabishi Yama (dikenal juga sebagai “gunung yang kesepian”)

Saat menaiki lereng dari MOOMILAAKSO, pengunjung akan disambut area atletik, YKSINAISET VUORET (Gunung Kesepian). Area ini merupakan tempat yang tepat untuk menikmati beragam aktivitas fisik yang berhubungan dengan alam seperti naik rumah pohon di tempat bermain Hemulen’s Playground atau menjajal flying fox  Hobgoblin’s Zip Line di atas danau.

Agar bisa masuk ke Moominvalley Park, pengunjung harus melewati Metsa Village, yang merupakan zona tiket gratis. Area di sekitar Danau Miyazawa, yang berada di tengah Metsa, sangat luas. Perlu waktu 10 menit berjalan kaki dari pintu masuk Metsa Village menuju Moominvalley Park. Area ini selalu menjadi tempat favorit di antara penduduk lokal untuk berjalan-jalan dan hiking.

Juga diperlukan jalan kaki sekitar 10 menit dari POUKAMA ke Gunung yang Kesepian (Lonely Mountain). tidak ada jalan pintas di area taman dan tidak ada jalan setapak yang bersemen di Lonely Mountain. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan sepatu yang nyaman saat mengunjungi kawasan ini. Anda tidak harus menggunakan sepatu olahraga, tetapi sebaiknya hindari sepatu yang baru dibeli atau sepatu berhak tinggi, demi kenyamanan dan keamanan diri Anda sendiri.

Siap mengunjungi Moominvalley Park? Berikut beberapa tambahan yang patut diperhatikan untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat berada di Moominvalley Park.

Sebaiknya lakukan pemesanan terlebih dahulu untuk tiket dan tempat parkir

Gambar halaman situs web resmi Metsa (https://www.google.com/url?q=https://ticket.metsa-hanno.com/?_ga=2.109689730.603716065.1557215597-1942036021.1557215597&sa=D&ust=1559576476942000&usg=AFQjCNGA6Fg2psz33denpy4mMgAnqV6QGQ)
Gambar halaman situs web resmi Metsa (https://www.google.com/url?q=https://ticket.metsa-hanno.com/?_ga=2.109689730.603716065.1557215597-1942036021.1557215597&sa=D&ust=1559576476942000&usg=AFQjCNGA6Fg2psz33denpy4mMgAnqV6QGQ)
 

Pengunjung Moominvalley Park bisa memesan dan membeli tiket secara online di situs web resmi mereka. Pemesanan bisa dilakukan sampai akhir dari dua bulan ke depan. Selama awal bulan, Anda bisa memesan tiket pada hari apapun sebelum kehabisan tetapi harus dua bulan sebelumnya. Jika Anda sudah memilih tanggal untuk kunjungan Anda ke Jepang, kami sarankan Anda memesan tiket Moominvalley Park terlebih dahulu, agar perjalanan Anda menjadi lebih nyaman.  

Anda harus membeli tiket masuk pada hari yang sama dengan tanggal kunjungan Anda ke suatu wahana tertentu

Ada empat wahana di taman ini yang memerlukan tiket tambahan selain tiket masuk. Jadi Anda perlu membeli tiket tambahan khusus untuk wahana Oshun Oxtra Theatre, Little My’s Attraction, Hobgoblin’s Zip Line, dan tur yang dipandu ke Moominhouse. Wahana paling terkenal dari keempat wahana ini adalah tur yang dipandu ke Moominhouse.

Anda bisa merasakan kehidupan karakter Moomin di Moominhouse.
Anda bisa merasakan kehidupan karakter Moomin di Moominhouse.

Kunjungi pada sore hari sehingga Anda bisa menghindari jam sibuk  

Moominvalley Park buka dari 10.00 sampai 20.00. Jam padat kunjungan biasanya terjadi malah saat jam buka hingga jam makan siang. Jika Anda hanya berniat untuk menikmati pameran di area KOKEMUS, makan di restoran, atau sekadar membeli sesuatu di toko suvenir, maka waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah selepas jam makan siang atau sore hari. Anda bahkan berkesempatan untuk bersantai di restoran pancake seorang diri karena biasanya restoran ini dipadati pelanggan pada siang hari saat jam makan siang.

Hewan peliharaan boleh masuk Moominvalley Park

Di sebagian besar taman hiburan, hewan peliharaan, makanan, dan minuman dari luar taman tidak diperbolehkan masuk. Hanya saja aturan tersebut tidak terlalu ketat di Metsa. Pengunjung jadi terasa seperti sedang piknik saat datang ke Metsa.

Hewan peliharaan boleh masuk ke area Moominvalley Park maupun Metsa Village. Pengunjung bisa berjalan-jalan dengan hewan peliharaan di kawasan ini. Namun hewan peliharaan tidak boleh masuk ke area di dalam gedung, wahana-wahana yang ada di dalam, dan area taman Teater Emma (kecuali hewan peliharaan yang bertugas mendampingi penyandang disabilitas).

Ada gantungan untuk menaruh tali kekang hewan di sekitar taman, jadi pengunjung bisa saja meninggalkan hewan peliharaan di luar sehingga pengunjung tetap bisa menikmati area-area yang tidak boleh dimasuki hewan.  Jangan lupa memberi hewan peliharaan ikatan pegangan saat masuk ke area taman.

Bawa makanan dan minuman ke Metsa Village diperbolehkan, tetapi tidak saat masuk Moominvalley Park

Pengunjung bisa keluar masuk Metsa Village juga.
Pengunjung bisa keluar masuk Metsa Village juga.
 

Makanan dan minuman dari luar, tidak diperkenankan dibawa masuk ke Moominvalley Park. Jika ingin menikmati camilan ringan seperti roti lapis dan onigiri (bola nasi khas Jepang) di Metsa, Anda bisa memakannya di area Metsa Village.

Moominvalley Park memperbolehkan masuk ke dalam secara berulang. Hal ini berarti jika Anda sudah memiliki tiket masuk ke Moominvalley Park, Anda boleh keluar masuk dari Metsa Village ke Moominvalley Park sesuka hati Anda. Di Metsa Village, ada restoran bertema Eropa Utara dan toko lokal yang populer yang menyajikan kuliner orisinal, cocok sebagai tempat pengunjung menikmati aneka hidangan.  

Jangan lupa mampir ke toko suvenir Moominvalley Park

Toko utama di taman ini, Moomilaakso Kauppa
Toko utama di taman ini, Moomilaakso Kauppa
 

Ada lebih dari 1.000 produk yang bisa ditemukan di toko suvenir Moomin terbesar di dunia ini. Ada tujuh toko suvenir di dalam kawasan taman dengan produk berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda tidak akan bosan berkeliling toko-toko ini.  

Di antara produk edisi terbatas, produk paling terkenal adalah Mug ARABIA edisi terbatas Moominvalley Park. Produk ini merupakan bestseller yang sempat kehabisan beberapa kali pada bulan pertama saat taman baru dibuka.

Mug ARABIA edisi terbatas Moominvalley Park.
Mug ARABIA edisi terbatas Moominvalley Park.
 

Cari motif bertemakan Moomin di tempat-tempat tak terduga

 

Patung Moomin dekat pintu masuk menuju area KOKEMUS
Patung Moomin dekat pintu masuk menuju area KOKEMUS

Figur bertemakan Moomin bisa ditemukan tak hanya di kawasan wahana dan area pameran tetapi juga di tempat-tempat tak terduga di kawasan taman. Beberapa dari figur ini diambil dari novel aslinya dan bisa ditemukan di bangku-bangku taman. Sementara itu, patung-patung dibuat berdasarkan ilustrasi dari novel tersebut, bisa ditemukan di berbagai area.

Patung Moomin di depan pintu masuk area KOKEMUS memegang bunga yang berbeda setiap harinya. Jadi saat Anda melewatinya coba perhatikan bunga apa yang ia pegang.

Anda juga bisa menemukan karakter lainnya seperti Snufkin saat berjalan-jalan di taman. Sementara itu, Moominvalley sendiri bisa dilihat dari berbagai sudut, seperti salah satunya dari kursi teras di lantai dua dari KOKEMUS dan sudut lainnya dari Lonely Mountain.

Kutipan dari novel juga tertulis di bangku taman
Kutipan dari novel juga tertulis di bangku taman

Moominvalley Park
Alamat: Metsa, 327-6 Miyazawa, kota Hanno, Prefektur Saitama
Jam buka: 10.00 sampai 20.00 setiap hari.
Akses: Naik bus dari stasiun Hanno sekitar 13 menit atau stasiun Higashi Hanno sekitar 12 menit. Terdapat bus langsung tujuan Metsa di sini.

Provided by Japan Walker™, Tokyo Walker™ (9 April 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR