Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tak Sekadar Melihat Sakura, Ini Makna Musim Semi bagi Orang Jepang

Kompas.com - 18/May/2019, 10:08 WIB
musim semi
musim semi

OhayoJepang - Berbicara tentang musim semi, ada berbagai makna di balik musim semi bagi orang Jepang. Jika terlewatkan kegembiraan musim semi Jepang tahun ini. Mari agendakan liburan musim semi di Jepang tahun depan. Namun sebelumnya, kenali dulu lima hal yang berhubungan dengan musim semi di Jepang.  

Waktu

musim semi
musim semi

Musim semi merujuk pada waktu tertentu. Biasanya, jika berbicara mengenai masa atau waktu tertentu dengan mengatakannya sebagai musim semi, maka waktu yang dimaksud adalah bulan Maret hingga Mei.

Perayaan Tradisional

Hinamatsuri
Hinamatsuri

Setiap tanggal 3 Maret, orang Jepang menyelenggarakan “Hinamatsuri”. Ini adalah sebuah tradisi ketika orangtua yang memiliki anak perempuan, akan memajang boneka Hina Ningyo di rumah untuk mendoakan kesehatan dan kebahagiaannya.

Kodomo no Hi
Kodomo no Hi

Setiap 5 tanggal Mei, orang Jepang merayakan “Kodomo no Hi” atau “Hari Anak”. Jika dibandingkan Hinamatsuri, perayaan tersebut untuk anak laki-laki. Dalam perayaan itu, orangtua memajang boneka Satsuki Ningyo dan Koinobori di rumah.

Acara Sekolah

anak sekolah
anak sekolah

Tahun ajaran sekolah di Jepang dimulai setiap April dan berakhir pada Maret tahun berikutnya. Pada awal April, sekolah di Jepang mengadakan upacara pembukaan, kemudian upacara kelulusan pada akhir Maret.

sekolah usai
sekolah usai

Hari Libur

Setelah tahun ajaran sekolah berakhir, anak-anak akan mendapatkan masa-masa hari libur singkat musim semi. Pada akhir April hingga awal Mei, terdapat hari libur panjang yang disebut Golden Week. Pada saat tersebut, penduduk lokal akan berlibur di kota-kota lain di Jepang.

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.