Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Doyan Takoyaki? Yuk, Coba Masak Takoyaki Sendiri di Osaka

Kompas.com - 26/Apr/2019, 16:12 WIB
takoyaki
takoyaki

OhayoJepang - Bila Anda bertanya langsung kepada orang Jepang apa kuliner lokal yang populer dari Osaka, kebanyakan dari mereka pasti akan menjawab takoyaki.

Itulah mengapa di sepanjang jalan yang ada di daerah Namba, Osaka, terdapat banyak toko takoyaki. Beberapa toko memang hanya menjual takoyaki, tetapi di beberapa tempat Anda juga bisa mencoba membuatnya sendiri.

OhayoJepang mencoba sendiri kegiatan membuat takoyaki ini. Berikut liputannya. Berbeda dengan tempat jualannya di pinggiran jalan, pengunjung akan dibawa ke dalam toko khusus untuk kegiatan membuat takoyaki. Di meja akan disediakan wajan khusus takoyaki, sumpit, potongan gurita, daun bawang, dan asinan jahe merah.

Adonan yang memenuhi wajan Takoyaki
Adonan yang memenuhi wajan Takoyaki

Proses pembuatan takoyaki terlihat mudah. Namun ternyata untuk membuatnya kita membutuhkan keterampilan dan ketelitian. Ketika adonan dituang ke wajan, Anda harus menaruh beberapa bahan di dalamnya.

Bola harus dibalik saat baru setengah matang
Bola harus dibalik saat baru setengah matang

Membalik takoyaki merupakan tantangan tersendiri. Sebab diperlukan waktu yang tepat saat membaliknya. Ketika takoyaki sudah setengah matang, Anda harus segera membaliknya.

Namun tak asal membalik, Anda harus membentuknya menjadi bulatan saat dibalik. Apalagi hanya menggunakan sumpit sebagai alatnya, proses membalikkan adonan dengan sumpit begitu menantang!

takoyaki sudah jadi
takoyaki sudah jadi

Mengetahui cara membalik takoyaki hingga bentuknya jadi bulat merupakan bagian paling penting dan paling sulit dari keseluruhan proses pembuatan takoyaki yang sempurna.  

Tuang saus dan taburan lainnya yang Anda suka setelah menaruhnya di piring. Di kedai ini, pihak kedai menggunakan adonan yang asin sehingga takoyaki tidak diberi siraman saus lagi.

takoyaki diberi saus
takoyaki diberi saus

Kami berhasil membuatnya! perlu waktu 10 menit untuk membuat satu set (maksimum 20 buah, sama seperti jumlah lubang di wajan khusus untuk membuat takoyaki.

Menurut kami, ini adalah pengalaman yang spesial karena kami berhasil membuatnya di Osaka, tanah kelahiran takoyaki. Pembuatan takoyaki tergolong cepat, karena proses memasaknya yang cepat.

Kegiatan ini lebih menyenangkan jika dilakukan dalam kelompok. Inilah mengapa orang Jepang kerap mengadakan pesta takoyaki di rumah.

Setelah mengalami sendiri sulitnya membuat takoyaki, kami jadi belajar mengagumi keahlian para penjual takoyaki yang tampak memasak takoyaki dengan mudahnya.

Jika Anda ingin mencoba memasak takoyaki seperi kami, Anda bisa langsung datang ke kedai ini. Namun ada baiknya Anda melakukan reservasi terlebih dahulu terutama jika berkunjung pada musim liburan.

Informasi Tempat
Takomasa Dotonbori Cabang Utama
1-4-15 Dotonbori, Distrik Chuo, Osaka
Nomor telepon: +81-6-6212-3363
Buku pukul 11:00 sampai 10:00 dan pukul 11:00 sampai 15:00 p.m untuk kegiatan membuat takoyaki
Harga aktivitas: 1.800 per orang
Akses: Jalan kaki tujuh menit dari stasiun Namba.

Provided by Karaksa Media Partner (28 February 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR