Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Doyan Takoyaki? Yuk, Coba Masak Takoyaki Sendiri di Osaka

Kompas.com - 26/Apr/2019, 16:12 WIB
takoyaki
Lihat Foto
takoyaki

OhayoJepang - Bila Anda bertanya langsung kepada orang Jepang apa kuliner lokal yang populer dari Osaka, kebanyakan dari mereka pasti akan menjawab takoyaki.

Itulah mengapa di sepanjang jalan yang ada di daerah Namba, Osaka, terdapat banyak toko takoyaki. Beberapa toko memang hanya menjual takoyaki, tetapi di beberapa tempat Anda juga bisa mencoba membuatnya sendiri.

OhayoJepang mencoba sendiri kegiatan membuat takoyaki ini. Berikut liputannya. Berbeda dengan tempat jualannya di pinggiran jalan, pengunjung akan dibawa ke dalam toko khusus untuk kegiatan membuat takoyaki. Di meja akan disediakan wajan khusus takoyaki, sumpit, potongan gurita, daun bawang, dan asinan jahe merah.

Adonan yang memenuhi wajan Takoyaki
Adonan yang memenuhi wajan Takoyaki

Proses pembuatan takoyaki terlihat mudah. Namun ternyata untuk membuatnya kita membutuhkan keterampilan dan ketelitian. Ketika adonan dituang ke wajan, Anda harus menaruh beberapa bahan di dalamnya.

Bola harus dibalik saat baru setengah matang
Bola harus dibalik saat baru setengah matang

Membalik takoyaki merupakan tantangan tersendiri. Sebab diperlukan waktu yang tepat saat membaliknya. Ketika takoyaki sudah setengah matang, Anda harus segera membaliknya.

Namun tak asal membalik, Anda harus membentuknya menjadi bulatan saat dibalik. Apalagi hanya menggunakan sumpit sebagai alatnya, proses membalikkan adonan dengan sumpit begitu menantang!

takoyaki sudah jadi
takoyaki sudah jadi

Mengetahui cara membalik takoyaki hingga bentuknya jadi bulat merupakan bagian paling penting dan paling sulit dari keseluruhan proses pembuatan takoyaki yang sempurna.  

Tuang saus dan taburan lainnya yang Anda suka setelah menaruhnya di piring. Di kedai ini, pihak kedai menggunakan adonan yang asin sehingga takoyaki tidak diberi siraman saus lagi.

takoyaki diberi saus
takoyaki diberi saus

Kami berhasil membuatnya! perlu waktu 10 menit untuk membuat satu set (maksimum 20 buah, sama seperti jumlah lubang di wajan khusus untuk membuat takoyaki.

Menurut kami, ini adalah pengalaman yang spesial karena kami berhasil membuatnya di Osaka, tanah kelahiran takoyaki. Pembuatan takoyaki tergolong cepat, karena proses memasaknya yang cepat.

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.