Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tradisi Perayaan “White Day” di Jepang, Apakah Itu?

Kompas.com - 14/Mar/2019, 12:30 WIB
Cokelat
Lihat Foto
Cokelat

OhayoJepang - White Day adalah acara yang kerap dirayakan di beberapa negara di kawasan Asia Timur, salah satunya di Jepang. White Day dirayakan setiap tanggal 14 Maret, atau tepat satu bulan setelah Valentine Day atau Hari Kasih Sayang.

Perayaan White Day memang tak bisa lepas dari Valentine Day. Jadi karena sebentar lagi White Day dirayakan, berikut beberapa tips serta panduan apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan selama perayaan White Day

Apalagi jika Anda di Jepang selama perayaan White Day. Tak ada salahnya mencoba sendiri merayakannya layaknya orang Jepang.

Memberi hadiah balasan

Sama dengan Valentine di Jepang yang memiliki tradisi-tradisi tertentu. White Day tidak bisa lepas dari perayaan Valentine. Sebab inilah saatnya para pria memberikan hadiah balasan ke perempuan yang memberikan mereka hadiah saat Valentine.

Biasanya, laki-laki yang mendapatkan permen cokelat saat Valentine, akan memberikan perempuan cokelat putih, marshmallows, camilan, atau apapun yang berwarna putih. Beberapa pria memberikan hadiah berupa sapu tangan, perhiasan, bahkan lingerie (pakaian dalam untuk perempuan).

Tradisi Sanbaigaeshi

Ada sebuah aturan tak tertulis bahwa seseorang harus melakukan Sanbaigaeshi (3倍返し), yang berarti orang tersebut harus memberikan hadiah balasan sebanyak tiga kali dari hadiah yang diterima saat Valentine.

Jadi jika seseorang mendapatkan hadiah mahal saat Valentine, maka sesuai tradisi tersebut, orang itu harus membalas dengan memberikan hadiah dengan harga tiga kali lipat lebih mahal daripada hadiah yang diterima.

Sebaliknya tetap berlaku walaupun seseorang menerima cokelat giri yang murah. Orang itu tetap harus membalas dengan memberikan hadiah dengan nilai tiga kali lipat lebih mahal.

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.